pengertian dan sejarah singkat bahasa pemrograman

DESKRIPSIGAMBAR

Kembali lagi dengan saya mymelody13 yang pada kesempatan kali ini membahas tentang pengertian bahasa pemrograman dan sejarahnya.

Pengertian bahasa pemrograman

Programming language atau bahasa pemrograman merupakan kumpulan kode yang terdiri dari kata-kata unik dan simbol-simbol yang berisi perintah untuk menjalankan komputer.

Pada dasarnya, CPU komputer hanya mempunyai sejumlah perintah terbatas yang dikenal dengan kode mesin (machine code). Kode mesin inilah yang berperan sebagai bahasa untuk mengkomunikasikan data komputer. Intinya CPU hanya dapat memahami bahasa mesin tersebut dan tidak dengan bahasa lainnya. Jadi untuk dapat digunakan merancang sebuah program komputer yang dapat diolah oleh CPU, semua bahasa pemrograman pada prinsipnya harus diubah menjadi kode-kode mesin terlebih dahulu (Compile).

Sejarah singkat bahasa pemrograman
  1. Bahasa komputer mulai dikembangkan sejak ditemukannya digital komputer sekitar tahun 1940.
  2. Sekitar tahun 1950 dikembangkanlah bahasa assembly yaitu bahasa simbol dari mesin. Fortran (formula translation) adalah salah-satu bahasa komputer pertama yang dibuat oleh John Backus sekitar tahun 1950-an s/d awal 1960-an. Menyusul beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti COBOL (Common Business Oriented Language) yang dibuat oleh Grace Hopper, LISP (List Processing) yang dibuat oleh John McCarthy.
  3. Di akhir 1960-an muncul bahasa SIMULA yang ditemukan oleh Nygaard dan Dahl sebagai superset dari Algol 60, merupakan bahasa pemrograman pertama yang dirancang untuk mendukung pemrograman berorientas object.. Pada era itu beberapa bahasa komputer yang terkenal antara lain ALGOL, BASIC, PASCAL, C, Forth, SQL, Ada,etc
  4. .
  5. Seiring berjalannya waktu perkembangan dunia pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga muncul berbagai bahasa pemrograman seperti JAVA, SQL, C++, Visual Basic, Delphi,etc. Singkatnya dengan bahasa pemrograman inilah kita dapat merancang sebuah aplikasi, website.etc

Demikianlah postingan kali ini semoga bermanfaat..


Baca juga"

Top 5 Tips menjadi programmer profesional

The best cara mencari ide untuk menulis

0 Response to "pengertian dan sejarah singkat bahasa pemrograman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel