Kumpulan Istilah Dalam Dunia Pogrammer


Kenali istilah-istilah berikut ini sob sebelum "terjun" ke dunia programming agar lebih "bebas" dan proses belajarnya lebih menyenangkan (terhindar dari kebingungan).
  1. Analys System: seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
  2. Bahasa pemrograman: suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata-kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (atau disebut juga reserved word).
  3. Boolean: suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai., yaitu true or false.
  4. C++: bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an.
  5. Char: Variabel yang mewakili suatu karakter tunggal, sebuah huruf, 1 digit, atau tanda baca.
  6. Clrsc: Clear screen,perintah yang digunakan untuk membersihkan layar.
  7. Coding: menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.
  8. Compile: Penerjemahan Kode Progam menjadi Bahasa Mesin. Suatu program yang menerjemahkan bahasa pemrograman (source code) kedalam bahasa obyek (object code). Compiler menggabungkan seluruh source code, mengumpulkannya, dan kemudian menyusunnya kembali.
  9. Const: nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi const diletakkan di bawah main , memakai “;”, harus diikuti type data.
  10. Debug: sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan. Proses menganalisa inilah yang disebut debugging.
  11. Define: nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi define diletakkan di atas main, tidak memakai “;”
  12. Descrement: digunakan untuk pengurangan nilai yang dilakukan setelah suatu variable diproses.
  13. Ekspresi: Pengkombinasian peubah-peubah dan konstanta untuk menghasilkan nilai baru.
  14. Float: Variabel yang dapat menampung semua nilai bilangan real, mewakili semua bilangan,dan bilangan dengan pecahan decimal.
  15. Function overloading: proses menggunakan nama yang sama untuk dua atau lebih fungsi.
  16. Getch: untuk menjeda program selama kita menekan sembarang tombol, fungsi getch() tidak bisa kita gunakan tanpa menambahkan header conio.h, karena getch berada di berkas conio.
  17. Include: termasuk. Compiler dari c++ yang menjalankan program yang dinamakan preprosesor.
  18. Increment: operator untuk penambahan nilai.
  19. Integer(Int): variable yang dapat menampung nilai positif atau nilai negative.
  20. Interpreter: perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang ditulis oleh programmer lalu menterjemahkannya kedalam bahasa assembly (bahasa mesin), sehinga mesin akan melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut akan dieksekusi perbaris, sambil mengikuti alur logika dari code tersebut. Jadi, Interpreter itu berbeda dengan Compiler. Pada Compiler, seluruh source code akan diterjemahkan terlebih dahulu sebelum proses eksekusi, sedangkan pada Interpreter source code yang ditulis oleh programmer, akan diterjemahkan baris perbaris pada saat dieksekusi.
  21. Interpreting: proses menerjemahkan kode
  22. Operand: nilai yang dilibatkan oleh operator.
  23. Operator: Suatu tanda atau symbol yang dipakai untuk menyatakan suatu operasi atau memanipulasi data.
  24. Operator Aritmatika: Operator yang berfungsi untuk operasi aritmatika.



  25. Operator Assigment: Operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai ke dalam suatu variabel atau konstanta.



  26. Operator Binary: operator yang melibatkat dua operand dalam operasinya.



  27. Operator Bitwise: operator yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi yang berhubungan dengan pemanipulasian bit.



  28. Operator Ternary: Operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan 3 buah operand.



  29. Operator Unary: Operator yang melibatkan sebuah operand.



  30. Post Increment: Penambahan nilai dilakukan setelah suatu variabel diproses.



  31. Pre-Increment: Penambahan nilai dilakukan sebelum suatu variabel diproses.



  32. Preprocessor: sebuah cara untuk menggantikan perintah-perintah yang umum digunakan pada bahasa pemrograman sebelum dieksekusi.



  33. Program: suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan-keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode – kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut.



  34. Programmer: profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, C++, Python, VB, Visual_ Basic_.NET, PHP,etc.



  35. Running: Proses menjalankan kode mesin sehingga menghasilkan output yang dapat dilihat di monitor.



  36. Sequensial Programing: Konsep pemrograman i top down, berawal dari atas sampai akhirnya paling bawah..



  37. Source Code: kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrograman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.



  38. Struktural Programming: sebuah cara pemrosesan data secara terstruktur dalam analisa, cara dan penulisan pemrograman.



  39. Switch-Case: Merupakan pernyataan yang dirancang untuk pengambilan keputusan yang melibatkan banyak alternatif. Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta terpenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang di atasnya tidak terpenuhi..



  40. Syntax: aturan penulisan pada suatu bahasa pemrograman(tata bahasa). Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan yang berbeda-beda.



  41. Syntax error: kesalahan penulisan source code(typo). Syntax error membuat program tidak bisa dijalankan sebelum kesalahan itu diperbaiki.



  42. While: digunakan untuk mengeksekusi blok kode selama suatu kondisi bernilai benar.



Semoga bermanfaat and see you... Thanks. baca juga"

pengertian dan sejarah singkat bahasa pemrogramant

Top 5 tips pemula menjadi programmer profesional

0 Response to "Kumpulan Istilah Dalam Dunia Pogrammer"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel