Jenis Programmer dan Profesinya


Halo brother's and sista...

Salah-satu langkah awal menjadi seorang programmer adalah mengetahui jenis-jenis programmer. Hal ini bertujuan untuk memilih bahasa pemrograman yang nantinya akan kita pelajari terlebih dahulu karena setiap jenis pemrograman memiliki cara belajar dan bahasa pemrograman berbeda. Intinya Bahasa Pemrograman harus sesuai dengan Jenis Pemrograman.

Programming languange dibagi menjadi 4 level
  1. Bahasa Mesin yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contoh 01100101100110
  2. Low level language atau Bahasa Tingkat Rendah dikenal dengan istilah bahasa rakitan (Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contoh MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, etc.
  3. Middle level language atau Bahasa Tingkat Menengah yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. Contoh bahasa C, C++, Pascal, Cobol.
  4. High level language atau Bahasa Tingkat Tinggi yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or,etc. Contoh bahasa PHP, JAVA, etc.

Type of programmer

  1. Programmer Web atau Web Developer
  2. Programmer yang membuat web atau aplikasi web yang dirancang agar dapat beroperasi pada jaringan internet menggunakan browser applications. Suatu halaman web dibangun dengan menggunakan bahasa HTML(bukan bahasa pemrograman namun berfungsi sebagai markup pada suatu teks. Jenis bahasa pemrograman: Ruby on Rails, PHP, .NET, XML, Java,etc.
  3. Programmer aplikasi desktop
    • 1. Pemrogram operating system
    • Seperti LINUX menggunakan bahasa C, WINDOWS, SYMBIAN OS, ANDROID OS,etc.
    • 2. Pemrogram platform independent
    • Membuat aplikasi yang dapat dipindahkan keberbagai sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Bahasa pemrograman: JAVA.
  4. Programmer distribute applications
  5. Programmer yang membuat aplikasi seperti edit foto apps, kamera fake apps, pemutar video, aplikasi pengolah word,etc. Bahasa pemrograman: C/++/C#, Python, VISUAL FOXPRO, visual basic, Delphi, JAVA,etc.
  6. Programmer game
  7. pemrograman game menggabungkan seluruh pustaka dan API(Aplication Programing Interface) yang ada. Karena itulah bahasa pemrograman yang paling sesuai untuk pemrograman game adalah C++, java,etc.
  8. Programmer inti library/platform/framework/core
  9. Programmer yang membuat aplikasi pemrograman untuk digunakan oleh programmer lain (program/aplikasi pembuat aplikasi).
  10. Programmer system
  11. Membuat sistem operasi dan firmware, alat-alat seperti compiler, assemblers, assemblers, I/O routines, interpreters, scheduler, loaders, linkers,etc.
    • Programmer kernel
    • membuat aplikasi atau program untuk mengatur permintaan input/output dari perangkat lunak, dan menerjemahkannya ke dalam instruksi- instruksi pada CPU ataupun komponen elektronik lainnya dalam sebuah komputer.
    • Programmer Driver
    • membuat antarmuka perangkat lunak untuk perangkat keras, yang memungkinkan sistem operasi dan program komputer lain untuk mengakses fungsi-fungsi hardware tanpa perlu tahu rincian tepat dari perangkat keras yang digunakan.
    • Programmer Compiler
    Seseorang yang membuat program khusus untuk memproses intruksi tertentu dan mengubahnya menjadi bahasa mesin. Bahasa pemrograman Pascal atau C.
  12. Programming scientist
Ilmuwan bahasa pemrograman.

Terima kasih dan semoga bermanfaat... See you.

1 Response to "Jenis Programmer dan Profesinya"

  1. thank artikel ini sangat membantu saya dalam hal ini bertujuan untuk memilih bahasa pemrograman yang nantinya akan saya pelajari..
    jangan lupa kunjungi website saya : http://elsasutina.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel