Cara mencari chord gitar


Tutorial Belajar Gitar part 3: Teknik Mencari Chord Gitar dan Cara Mudah Mengiringi Lagu Dengan Gitar



mecari chord gitar

Sumber gambar : pixabay.com/gitar-chord

Mengiringi lagu dengan gitar berarti memainkan lagu dengan menggunakan alat musik gitar sebagai pengiring. Mengiringi lagu dengan gitar merupakan inti dari bermain gitar dan tujuan anda berlatih gitar. Satu-satunya cara untuk mengiringi lagu dengan dengan gitar adalah dengan mencari chord gitar lagu tersebut.

Setelah anda berhasil menguasai perpindahan chord gitar dengan cepat dan tepat serta berhasil menguasai teknik dasar menggenjreng gitar, tiba saatnya bagi anda untuk belajar mengiringi lagu.

Setelah anda mengikuti artikel ini dengan seksama, anda diharapkan mampu:

1. Mengiringi lagu dengan gitar paling tidak satu lagu
2. Mencari chord lagu sendiri dengan gitar

Anda hanya disarankan mengikuti tutorial ini jika sudah mahir dalam perpindahan chord-chord gitar dan dapat menggenjreng gitar menggunakan teknik dowstrike maupun teknik upstrike. Mahir berpindah kunci gitar dengan cepat dan tepat dan dapat menggenjreng gitar dengan pola-pola dasar seperti pada tutorial belajar menggenjreng gitar pemula sebelumnya.

Sebagai pemula mencoba mengiringi lagu merupakan langkah yang sangat penting untuk mengasa dan membentuk feeling. Pada tahap pertama ini anda tidak mungkin bisa menemukan chord-chord gitar dengan sendirinya tanpa bantuan instruktur. Anda harus mencari chord gitar sendiri dengan cara apapun. Berikut langkah-langkah mengiringi atau memainkan lagu menggunakan gitar.

Langkah-langkah mengiringi lagu dengan gitar pemula


Seperti yang telah saya sebutkan bahwa sebagai gitaris beginners kita akan mengalami kesulitan jika langsung mencoba mencari chord suatu lagu tanpa perbendaharaan lagu satu pun.

Anda membutuhkan tools untuk dapat mengiringi lagu dengan gitar. Tools tersebut dapat berupa video tutorial mengiringi lagu via youtube maupun melihat lagu yang dilengkapi dengan chord-chord di atasnya.

1. Carilah dan tentukan satu lagu pertama


Carilah lagu yang mudah dan gampang menurut anda untuk diiringi. Tips dari saya pilihlah satu lagu yang familiar di telinga anda dan fokuslah pada lagu tersebut. Menggunakan lagu yang familiar di telinga anda bertujuan untuk mengefisienkan waktu berlatih.

2. Hafal chord lagu dan perpindahannya


Sebagai tahap pertama anda dituntut untuk menghafal chord lagu tersebut beserta letak perpindahannya. Carilah genjrengan yang tepat sesuai dengan karakter dan tempo lagu tersebut. Anda dapat melihat buku gitar atau mengikuti tutorial di youtube untuk mencari chord lagu pilihan anda dan cara mengiringinya, karena tujuan anda hanya satu yaitu memiliki satu lagu sebagai referensi untuk mencari chord lagu-lagu selanjutnya.

3. Fokus pada satu lagu


Jangan mencari chord lagu yang lain sebelum anda benar-benar menguasai cara mengiringi lagu pertama anda dengan gitar. Hal ini untuk memperkuat kepekaan anda terhadap bunyi (sebagai ear training) dan feeling.

Contoh lagu yang mudah untuk pemula


Dari sekian banyak lagu, menurut saya hampir semua orang Indonesia menggunakan lagu “Tinggal kenangan by Gaby” sebagai langkah awal dalam berlatih mengiringi lagu dengan gitar. Beberapa penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena lagu ini cukup familiar di seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Selain itu, chord progression (perpindahan kord) lagu ini sangat gampang. Nada dasar lagu Gaby tinggal kenangan ini menggunakan nada dasar C Major dan seperti yang kita ketahui bahwa family chord nada dasar C Major tersusun dari kunci-kunci gitar yang mudah dibentuk.

Do=C => C Dm Em F G Am Bdim

Dalam satu lagu, ada kalanya menggunakan semua chord dalam family chord namun ada kalanya juga hanya menggunakan beberapa chord saja. Misalnya pada lagu “Gaby tinggal kenangan hanya menggunakan chord-chord C G Am Em F C G C dalam family chord nada dasar C Major. Jadi, dalam satu lagu tidak mutlak menggunakan semua chord family dalam nada dasar tersebut bahkan terkadang suatu lagu hanya terdiri dari 2 chord atau 3 chord tergantung lagu tersebut.

“Ingat! Penentuan nada dasar suatu lagu tergantung si penyanyi”

Chord gitar lagu gaby tinggal kenangan


Musik : C G Am Em F C Dm G
Outro : C

Perhatikan chord-chord dalam lagu Gaby tinggal kenangan di atas!! Seperti yang anda lihat bahwa chord progression lagu ini cukup mudah karena selalu mengulangi pola yang sama. Pola utama lagu gaby tinggal kenangan adalah C G Am Em F C Dm G C.

Jika anda tidak dapat menentukan genjrengan gitar yang tepat maka dengarkanlah lagu tersebut secara berulang-ulang untuk lebih mengenal rhythm atau irama lagu. Rasakan setiap perpindahan chord-chordnya dan dengarkan genjrengan anda. Kalau perlu anda dapat merekam proses latihan untuk dapat mengevaluasi letak kesalahan-kesalahan anda.

Setelah berhasil mengiringi satu lagu, anda dapat mengulangi metode yang sama untuk lagu-lagu yang berbeda dengan tujuan memperbanyak perbendaharaan lagu. Cukup beberapa lagu saja karena hal ini tidak akan mengasa feeling anda.

Jika anda merasa telah cukup berlatih dengan metode di atas anda dapat langsung mencoba untuk mengulik kunci gitar lagu sendiri. Untuk mencari kunci gitar sendiri tanpa bantuan buku gitar atau tutorial youtuber, anda dapat mengikuti beberapa tips dari saya di bawah ini.

Langkah-langkah mencari chord atau kunci gitar sendiri


1. Tentukan lagu


Carilah satu lagu yang anda benar-benar suka atau saran saya lagu yang sangat mudah dengan karakter slow (sedikit lambat) namun juga tidak terlalu lambat (middle). Jika anda menggunakan lagu yang anda sukai maka proses mencari chord-chordnya akan lebih mudah dan menyenangkan.

2. Tentukan nada dasar


Langkah awal dalam mengiringi lagu menggunakan alat musik adalah menentukan nada dasar. Nada dasar dipengaruhi oleh range vokal (jangkauan suara) dimana setiap orang memiliki range vokal yang berbeda-beda. Nada dasar yang anda tentukan akan berputar-putar pada family chord nada dasar tersebut.

3. Dengarkan lagu


Dengarkan lagu tersebut secara berulang-ulang sampai anda mengenal rhythm dan perpindahan chord di setiap nadanya. Setelah mengenal rhythm dengan baik seharusnya anda sudah bisa mengetahui pola genjrengan lagu tersebut dan setiap perpindahan chordnya.

Salah satu cara yang sangat ampuh agar genjrengan gitar anda tidak berubah-ubah dan tetap mengikuti tempo lagu adalah dengan berlatih menggunakan metronome.

4. Tentukan chord pertama


Chord pertama berkaitan erat dengan nada dasar suatu lagu. Tentukan dan carilah chord gitar pertama dan lanjutkan dengan chord-chord gitar selanjutnya.

Sedikit tips yang tidak baku dalam mencari dan menentukan chord suatu lagu berdasarkan nadanya.

Example : menggunakan nada dasar C Major

Familiy chord C Major terdiri dari chord-chord:

Do=C=>C Dm Em F G Am Bdim

-Chord atau kunci gitar sedang C

Kebanyakan lagu terutama lagu bergenre pop menggunakan nada dasar sebagai chord pertama lagu. Karena kita menggunakan nada dasar C Major maka nada pertama lagu tersebut kemungkinan besar menggunakan chord C dan ditutup kembali oleh kunci/ chord C pada akhir lagu.

-Chord atau kunci gitar tinggi F

Ketika lagu terdengar memiliki nada yang lebih tinggi dari nada sedang C maka anda bisa mencoba chord F.

-Chord atau kunci gitar rendah G

Ketika lagu terdengar lebih rendah dari nada sedang C maka anda bisa mencoba chord G.

Anda lagi-lagi tidak perlu terpaku pada teori ini, karena untuk menentukan chord gitar suatu lagu tidak hanya pada tinggi rendahnya nada tapi juga timbre (warna suara). Yaps! warna suaralah yang paling penting untuk menentukan ketepatan suatu chord dalam mengiringi suatu lagu.

5. Ketahui letak perpindahan chord


Kapan chord gitar berpindah ke chord lainnya??
Perpindahan chord suatu lagu tergantung pada intonasi, timbre dan ketukan lagu tersebut. Ketukan berguna untuk mengetahui jarak antara chord, chord pertama ke chord kedua, dst. Tidak ada rumus pasti untuk mengetahui perpindahan suatu chord kecuali menggunakan feeling.

Beberapa bulan yang, saya menonton salah satu ajang pencarian bakat terbaik Indonesia. Saat itu, juri mengatakan kepada seorang penyanyi yang sudah berhasil tampil memukau: “Congratulations! Kamu sudah memiliki bakat yang tidak bisa dilatih, yaitu FEELING”.

Hal itu menandakan bahwa feeling atau perasaan adalah sesuatu yang muncul dengan sendirinya secara alami melalui proses yang tidak disengaja dan tidak direncanakan sebelumnya. Proses tersebut dapat berupa kebiasaan-kebiasaan hidup setiap harinya termasuk mendengarkan musik dan berlatih gitar.

Semua gitaris beginners memiliki feeling namun terkadang masih belum digunakan sehingga kurang peka. Mencari chord gitar sendiri membutuhkan feeling. Feeling atau perasaan anda akan lebih peka ketika sering bermain gitar dan mendengarkan lagu!

Demikianlah artikel tentang cara mengiringi lagu dengan mencari dan menemukan chord gitar suatu lagu. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang teknik dasar fingerpicking Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara mencari chord gitar"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel