Belajar menggenjreng gitar

cara menggenjreng gitar pemula

Tutorial Belajar Gitar part 2: Teknik Dasar Belajar Menggenjreng Gitar Pemula

Sumber gambar: pixabay.com
Menggenjreng strumming gitar bisa dikatakan susah-susah gampang. Bagi para gitaris beginners menggenjreng gitar terkadang menjadi masalah yang sangat besar.


Teringat beberapa bulan yang lalu saat awal latihan gitar, saya menyadari bahwa genjrengan gitar saya tidak sebagus yang saya bayangkan ketika melihat adik saya menutup telinganya dan mengatakan
“STOP!! Katakan tidak pada gitar!”
.
What’s?? Seburuk itukah genjrengan gitar saya? Setelah melihat penolakan itu akhirnya saya memutuskan untuk menjawab tantangan tersebut. Setelah beberapa minggu belajar menggenjreng gitar, akhirnya genjrengan gitar saya semakin berkembang ditandai dengan jempol yang selalu diacungkan oleh adik saya ketika saya sedang berlatih gitar. Alasannya bukan karena genjrengan gitar saya bagus, namun karena dia menginginkan suatu hal, saya berhenti bermain gitar karena genjrengan gitarnya masih tetap sama. Wkwkwk...
Sedikit improvisasi dari saya, saatnya untuk masuk ke tujuan artikel ini, yaitu tips dan trik belajar menggenjreng gitar khusus pemula. Bagaimana menggenjreng gitar? Cara menggenjreng gitar merupakan perkara yang sangat gampang, saya yakin semua orang dapat melakukannya bahkan orang yang tidak mengetahui chord pun dapat melakukaknnya. Namun, masalahnya adalah bagaimana bunyi genjrengan gitar tersebut, apakah enak didengar atau tidak.

Pada tutorial belajar gitar part 2 ini, kita akan menjawab semua masalah yang terkait dengan genjrengan itu dengan membahas tentang rhythm, teknik dan cara menggenjreng gitar dan pola genjrengan gitar, serta cara terbaik menemukan pola genjrengan suatu lagu. Karena itu, setelah mempelajari materi ini, anda diharapkan mampu untuk:

1. Mengenal dan memahami rhythm.
2. Mengetahui teknik dasar genjrengan gitar.
3. Mengembangkan pola genjrengan yang lebih hidup.
4. Mengetahui cara mencari genjrengan gitar suatu lagu.
1. Rhythm

Rhythm atau ritme adalah gerakan berturut-turut secara teratur atau turun naik lagu (bunyi dsb.) yang beraturan atau irama suatu lagu (KBBI). Dalam gitar sendiri untuk menghasilkan suatu rhythm atau irama dapat dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan menggenjreng senar gitar dan yang kedua dengan memetik senar gitar.
Pada tutorial gitar part 2 ini, kita akan membahas cara yang pertama dalam menghasilkan rhythm suatu lagu, yaitu dengan belajar menggenjreng gitar. Terdapat banyak istilah yang digunakan untuk menyebut cara menghasilkan rhythm ini yang sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

-Rhythm (irama) suatu lagu

Rhythm adalah karakter suatu lagu secara keseluruhan. Rhythm (irama) berbeda dengan intonasi. Intonasi adalah tinggi rendahnya nada suara.

-Mengocok atau menggenjreng gitar

Menggenjreng atau mengocok gitar adalah cara menghasilkan atau menyatakan rhythm (irama) suatu lagu dengan memukul senar gitar secara keseluruhan atau sebagian. Cara menggenjreng gitar inilah, yang akan kita bahas dalam tutorial belajar menggenjreng gitar pemula.

-Strumming atau fingerpicking (memetik) gitar

Strumming adalah memetik senar gitar secara satu per satu atau memetik senar gitar secara gabungan (kombinasi) dengan tujuan menghasilkan atau menyatakan irama suatu lagu.
Rhythm suatu lagu meliputi:

-Tempo (slow, middle, fast)

Tempo berkaitan dengan karakter suatu lagu dalam hal masa atau waktu yang dapat berupa lambat, sedang, atau cepat.

-Beat atau birama (4/4, 3/4, etc)

Birama menandakan ketukan suatu lagu. Ketukan suatu lagu bersifat tetap dan tidak berubah-ubah.

-Genre (pop, jazz, blues, RNB, etc.)

Genre adalah aliran suatu lagu yang ditandai dengan ciri khas suatu lagu.

-Characters song atau karakter lagu (sad, happy, mellow, etc.)
Karakter lagu berkaitan dengan karakter suatu lagu dapat berupa lagu sedih, lagu karakter senang, lagu karakter semangat, dan sebagainya.

Mengapa anda perlu memahami rhythm?

1. Rhythm suatu lagu inilah yang akan menentukan cara menggenjreng gitar.
2. Genjrengan gitar yang benar sesuai dengan irama suatu lagu yang meliputi ke-4 hal di atas.
3. Cara menggenjreng gitar yang sesuai dengan tempo dan ketukan sehingga enak didengar dan pastinya tidak membuat pendengar menutup telinga karena fals tempo.

Anda hanya bisa mengenal rhythm suatu lagu dengan mendengarkan lagu sesering dan sebanyak mungkin. Jika anda benar-benar sudah mengenal irama (rhythm) suatu lagu maka anda akan lebih mudah menemukan pola genjrengan gitar yang sesuai dengan karakter lagu.
Saya yakin, anda paling tidak dapat membedakan antara lagu dengan genre pop dengan lagu dengan genre rock, dan genre-genre lainya seperti misalnya reggae, blues, RNB (rock and blue), etc. Jika anda mengiringi suatu lagu dengan genre musik pop maka anda tidak akan menggenjreng gitar dengan karakter lagu genre dangdut dan sebaliknya, kecuali jika anda ingin berimprovisasi.

A. Metode menggenjreng gitar

Setelah anda mengetahui karakteristik suatu lagu maka secara otomatis anda dapat menemukan pola genjrengan untuk mengiringi lagu tersebut. Dalam gitar sendiri, terdapat dua metode menggenjreng gitar, yaitu metode downstrike dan metode upstrike.

-Metode Downstrike

Metode downstrike merupakan cara menggenjreng gitar dengan memukul senar gitar ke arah bawah menggunakan jari selain jempol. Metode downstrike sering dilambangkan dengan huruf b atau B yang berarti bawah (down).


Contoh downstrike:

Pola: B B B B

Maka pada gitar anda dapat memukul senar gitar ke arah bawah sebanyak 4 kali kemudian pindah chord sesuai dengan chord progression yang telah anda buat sebelumnya.
-Metode Upstrike
Metode upstrike adalah cara menggenjreng gitar dengan memukul senar gitar ke arah atas menggunakan ibu jari atau jempol. Metode upstrike sering dilambangkan dengan huruf a atau A yang berarti atas (up). Jika anda baru mulai belajar menggenjreng gitar, teknik upstrike ini sedikit lebih sulit daripada downstrike


Contoh upstrike:

Pola: A A A A

Maka pada gitar anda dapat memukul senar gitar ke arah atas menggunakan jempol sebanyak 4 kali kemudian pindah ke chord selanjutnya mengikuti chord progression yang telah ada.
B. Pola genjrengan gitar untuk pemula
Bagi pemula ada beberapa pola genjrengan dasar yang menggabungkan teknik downstrike dan teknik upstrike yang sangat mudah dipelajari. Satu huruf + spasi mewakili 1 ketuk. Karena itu huruf yang digabung arah pukulannya lebih dipercepat.

-Pola: B B AAB B

Cara menggenjreng gitar sesuai dengan pola di atas adalah dengan memukul senar gitar ke arah yang sesuai dengan lambang yang ditunjukkan:

B: 1 detik
B: 1 detik
AAB: 1 detik
B: 1 detik

Setelah sampai di detik ke-4 anda dapat mengulanginya dari awal dengan mengubah chord atau kunci gitar menurut chord progression.

-Pola: B A AB B

Cara memainkan pola genjrengan gitar tersebut dengan memukul senar gitar ke arah yang sesuai dengan lambang yang ditunjukkan:

B: 1 detik
A: 1 detik
AB: 1 detik
B: 1 detik

Setelah sampai di detik ke-4 anda dapat mengulanginya dari awal dengan mengubah chord atau kunci gitar menurut chord progression.

-Pola: B AAB AA B

Cara memainkannya pola genjrengan di atas dengan memukul senar gitar ke arah yang sesuai dengan lambang yang ditunjukkan:

B: 1 detik
AAB: 1 detik
AA: 1 detik
B: 1 detik

Setelah sampai di detik ke-4 anda dapat mengulanginya dari awal dengan mengubah chord atau kunci gitar menurut chord progression.

Beberapa tutorial juga menggunakan lambang D (downstrike) dan U (upstrike) selain lambang A (atas) dan B (bawah).

Jika anda sudah mengetahui cara menggenjreng gitar dengan teknik upstroke dan downstroke dengan benar maka anda bisa mempercepat temponya dengan 0,7 detik setiap ketukan. Intinya anda harus menemukan pola genjrengan gitar yang sesuai dengan dengan lagu yang sedang anda mainkan.
Anda tidak perlu terpaku dengan pola-pola dan cara menggenjreng gitar di atas, namun anda dapat mengembangkan pola genjrengan di atas sehingga lebih enak di dengar. Misalnya hanya menggenjreng senar bass pada ketukan tertentu atau sebaliknya menggenjreng hanya pada senar treble pada ketukan tertentu bahkan mengkombinasikan semua gnejrengan gitar dengan syarat sesuai dengan irama lagu yang sedang dimainkan.


NB: semua pola genjrengan gitar di atas menggunakan birama 4/4.


Semua pola genjrengan di atas hanya untuk mempermudah anda dalam mempelajari cara menggenjreng gitar. Tujuan anda menggenjreng gitar adalah untuk menghasilkan suara yang enak didengar. Setiap gitaris dapat menggunakan pola genjrengan yang berbeda pada lagu yang sama dengan syarat genjrengan tersebut tetap mengikuti tempo dan ketukan lagu.
Caranya mudah! Pahami rhythm atau irama lagu tersebut. Karakternya, tempo lagu, ketukan dan genre musik itu sendiri. Cara yang terbaik untuk mengenal rhythm suatu lagu dengan mendengarkan lagu tersebut sesering mungkin. Seiring latihan, pola genjrengan anda akan semakin baik dan tidak perlu terpaku dengan pola-pola yang di atas.


“Proses mengenal irama akan terbentuk dengan sendirinya jika anda rajin bermain gitar dan mendengarkan musik”.


Bermain gitar tidak sesulit yang anda bayangkan. Kunci utamanya hanya 2, yaitu mengenal chord gitar dasar dan mulai menggenjreng gitar untuk mengiringi sebuah lagu.
Demikianlah artikel belajar gitar pemula part 2: mengenal rhythm, cara menggenjreng gitar pemula dan pola genjrengan gitar serta cara terbaik menemukan rhythm suatu lagu. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas dengan gitar khusus pemula. Semoga bermanfaat!
x

2. Cara menggenjreng atau mengocok gitar

3. Bagaimana cara menemukan pola genjrengan gitar suatu lagu?
x

2 Responses to "Belajar menggenjreng gitar"

  1. simpel aja bosss,dari pengalaman saya mah karena terbiasa sering main gitar n banyak belajar itu aja prinsip majunya.sukseslah buat blog antum...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel