Belajar memetik gitar


Tutorial Belajar Gitar part 4: Cara Memetik gitar, Teknik Fingerpicking Dasar



strumming fingerpicking memetik gitar

Belajar memetik gitar atau strumming menggunakan teknik yang biasa disebut fingerpicking. Strumming gitar berbeda dengan menggenjreng gitar. Hal ini telah kita bahas pada tutorial belajar gitar part 2: cara praktis menemukan pola genjrengan suatu lagu. Menggenjreng atau mengocok gitar maupun strumming atau memetik gitar memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengiringi suatu lagu sesuai dengan irama lagu tersebut.

Toko online for aneka fashion

Strummig atau memetik gitar sedikit lebih sulit dari menggenjreng gitar. Namun anda wajib menguasai teknik petikan atau strumming gitar ini jika anda berniat menguasai teknik-teknik gitar tingkat tinggi untuk bermain melodi dan fingerstyle.

Jika pada tutorial sebelumnya anda telah berlatih mengendalikan tangan kiri anda untuk membentuk chord demi chord maka pada tutorial yang ke-4 ini anda akan belajar cara mengendalikan jari-jari tangan kanan anda untuk memetik senar gitar.

Setelah mengikuti tutorial ini anda diharapkan mampu:

1. Memetik gitar dengan menggunakan 4 jari (fingerpicking)
2. Mengenal pola-pola petikan gitar dasar

Seperti dengan judul artikel ini, kita akan belajar memetik atau strumming gitar secara khusus menggunakan teknik 4 jari. Ada beberapa teknik lain dalam memetik gitar ini, ada yang hanya menggunakan 1 jari (ibu jari) dan ada yang menggunakan 5 jari (semua jari).

Mengapa kita menggunakan teknik 4 jari?? Memetik gitar dengan hanya menggunakan ibu jari akan membutuhkan kecepatan yang sangat cepat sehingga jempol akan terasa lebih cepat pegal. Begitu pun sebaliknya, menggunakan 5 jari dalam memetik senar gitar membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam berlatih membuat tangan cepat lelah karena tidak ada penyangga.

Alasan saya menggunakan teknik memetik gitar 4 jari dalam belajar memetik gitar adalah:

1. Proses latihannya sedikit lebih cepat
2. Nyaman saat memetik dan bermain melodi maupun fingerstyle
3. Tangan lebih rileks
4. Jika anda ingin belajar memetik gitar 5 jari akan lebih mudah setelah menguasai teknik memetik 4 jari terlebih dahulu.

Langkah-langkah belajar strumming atau memetik gitar dengan teknik 4 jari (fingerpicking)


Mulailah belajar petikan gitar (fingerpicking) berdasarkan teknik memetik gitar 4 jari dengan cara


Jempol atau ibu jari (Thumb) dilambangkan dengan P, digunakan untuk memetik senar gitar 6, 5, 4 yang adalah bass.

Jari telunjuk atau Index finger dilambangkan dengan I, digunakan untuk memetik senar gitar 3

Jari tengah atau Middle finger dilambangkan dengan M, digunakan untuk memetik senar gitar 2

Jari manis atau Ring finger dilambangkan dengan A, digunakan untuk memetik senar gitar 1



Jika anda telah memahami teknik memetik senar gitar dengan 4 jari di atas tiba saatnya untuk melangkah ke tahap penerapannya atau proses praktikumnya, yaitu belajar memetik senar gitar.

Langkah-langkah fingerpicking


1. Ujilah setiap jari anda satu persatu sampai akrab dengan senar gitar


Pada tahap ini, anda harus melatih jari anda satu persatu dengan cara memasangnya langsung pada senar gitar dan mulai melakukan petikan. Mulai dari thumb (P) dan jika sudah terbiasa memetik menggunakan ibu jari maka anda dapat melanjutkan ke jari yang lainnya.

Ingat! Lakukan satu per satu. Butuh sinkornisasi antara pikiran dan jari-jari tangan sehingga dapat berkoordinasi dengan baik dalam memilih senar-senar yang harus dipetik.

Mengendalikan jari-jari tangan kanan untuk memetik gitar sedikit lebih mudah daripada saat anda mencoba membentuk chord gitar pertama kali

2. Letakkan semua jari pada senar sesuai dengan lambang di atas


Pada tahap ini, anda dapat meletakkan jari anda langsung pada senar gitar sesuai dengan posisinya masing-masing berdasarkan lambang-lambang di atas. Mulailah menggunakan ke-4 jari secara bersamaan untuk memetik gitar.

Anda dapat mulai memetik gitar menggunakan jempol pada salah satu senar bass kemudian dilanjutkan ke senar 3 menggunakan jari telunjuk, kemudian jari tengah memetik senar 2 dan jari manis memetik senar 1, kemudian kembali lagi ke bass.

Ulangi cara tersebut secara berulang-ulang sehingga anda benar-benar dapat menggerakkan jari-jari anda dengan leluasa tanpa menunggu perintah dari pikiran anda.

Pada tahap ini, kemungkinan hasil petikan masih kurang bersih dan terkadang masih nyangkut pada senar lain. Seiring berjalannya waktu dan latihan, hasil petikan anda lebih bersih dan kecepatan petikan juga akan bertambah.

Anda dapat menggunakan jari kelingking yang tidak digunakan dalam memetik senar gitar sebagai penopang tangan agar tidak mudah pegal dengan cara menyandarkannya pada body gitar.

NB: Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi channel youtube teoakustikgitar

3. Mulai memetik dengan memasang chord mengikuti chord progression


Setelah petikan anda lebih cepat tiba saatnya untuk menerapkannya pada chord atau kunci gitar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh dibawah.

-Buatlah chord progression

Misalnya Chord progression: C G Am Em dengan pola petikan P I M A

-Bentuklah chord C, petik bass senar 5 (P), kemudian senar 3 (I), kemudian senar 2 (M), kemudian senar 1 (A).

-Ganti ke chord G, Mulai memetik dari bass kembali, yaitu senar 6 (P), ke senar 3 (I), senar 2 (M), dan senar 1 (A).

-Ganti ke chord Am, mulai memetik dari bass lagi, yaitu senar 5 (P), ke senar 3 (I), senar 2 (M), dan senar 1 (A).

-Ke chord Em, petik di sinar 6 (P), ke senar 3 (I), senar 2 (M), dan senar 1 (A).

-Ulangi kembali dari chord C dan percepat tempo petikannya untuk strumming yang sedikit menantang.

Ingat!

P= ibu jari (senar bass 6, 5, 4)
I= jari telunjuk (trebel 3)
M= jari tengah (trebel 2)
A= jari manis (trebel 1)


4. Carilah pola-pola petikan yang enak


Jika pola genjrengan gitar ada banyak maka hal ini pun berlaku untuk strumming/petikan. Ada banyak variasi petikan menggunakan teknik fingerpicking yang dapat anda coba yang pastinya enak di dengar.

-Pola strumming chord progression C G Am Em:

Untuk lebih memudahkan, kita akan langsung menunjuk senar gitar sesuai dengan nomornya namun tetap gunakan P, I, M, A, untuk memetik senar gitar.

petik bass 3 2 1 2 3 kembali ke bass

Jika menggunakan lambang PIMA maka hasilnya sama:

petik P I M A M I kembali ke P

Perhatikan!

Chord C= petik bass 5
Chord G= petik bass 6
Chord Am= petik bass 5
Chord Em= petik bass 6


Mengapa chord C harus di awali dengan memetik senar bass 5? dan chord G diawali dari bass 6? Hal ini akan dijelaskan pada tutorial belajar gitar selanjutnya.

-Pola strumming chord progression C G Am Em:

Bass 3 2 3 1 3 2 3 kembali ke bass

Bass 3 2 1 2 3 kembali ke bass

-Pola petikan bersamaan chord progression C G Am Em:

Petikan bersamaan adalah petikan yang menggabungkan beberapa senar dalam 1 kali petikan. Entah itu sesama trebell maupun gabungan antara bass dan trebell. Umumnya teknik ini juga digunakan bersamaan dengan tekink slap. Contoh pola petikan bersamaan:

Bass 3 21 3 kembali ke bass

Cara memainkannya sama saja dengan pola-pola di atas, petik bass sesuai dengan chordnya. Hanya saja senar 21 dipetik bersamaan secara langsung yang saya mark dengan tulisan tanpa spasi.

5. Cobalah mengiringi lagu menggunakan petikan gitar


Carilah lagu yang dapat anda iringi menggunakan gitar dengan cara menggenjreng. Berusahalah untuk menemukan pola petikan lagu tersebut dan sesuaikan petikan gitar dengan tempo lagu. Hal penting yang harus anda ingat adalah memulai petikan dari bass kembali setiap mengganti chord gitar.

Tujuan utama artikel ini adalah memberi anda pengenalan tentang cara menggunakan jari untuk memetik atau cara dan teknik fingerpicking 4 jari. Semua pola di atas hanya sebagai media untuk berlatih fingerpicking dan sebagai referensi untuk menemukan pola-pola yang lebih baik.

Pola strumming atau memetik gitar terbaik adalah pola yang dapat mengiringi suatu lagu sesuai dengan rhythm atau irama lagu tersebut. Dalam hal ini pola di atas bukanlah pola yang mutlak anda hafal karena pada dasarnya ketika anda sudah terbiasa melakukan fingerpicking anda dapat menemukan pola petikan dan strumming gitar suatu lagu layaknya menggenjreng gitar.

Demikianlah artikel tentang cara memetik gitar dengan teknik fingerpiciking, dasar memetik gitar dengan menggunakan pola PIMA. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang cara stem gitar manual tanpa aplikasi tuner. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih gitar!

4 Responses to "Belajar memetik gitar"

  1. Terus bagaimana kalau chord lainnya seperti F, Dm, dll? Menggunakan bass berapa? Terus selama ini berarti bass 4 ga pernah dipetik ya? Makasih, moga dijawab hehe:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bass 4 ituh dipetik juga contohnya saat memaninkan kord D dan Dm

      Delete
    2. Bass 4 dipetik juga contohnya pada saat memainkan kord D dan DM

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel