Belajar stem gitar tanpa aplikasi


<h1> Belajar stem gitar</h1>

Tutorial Belajar Gitar part 5: Stem Gitar Manual Tanpa Aplikasi Tuner




Stem atau tuning gitar adalah proses menala atau menyesuaikan senar gitar sehingga menghasilkan bunyi yang selaras. Intinya anda tidak dapat menggunakan gitar yang belum di-tuning karena akan menghasilkan bunyi yang fals. Oleh sebab itu, tuning gitar merupakan langkah awal sebelum menggunakan gitar sebagai instrumen pengiring lagu.


Bagaimana cara menyetem gitar?? Di era 21 ini, kecanggihan IPTEKS berkembang keseluruh lini kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam bidang seni, khususnya seni musik. Berbagai perubahan dan kemajuan telah mengembangkan alat musik tradisional menjadi alat musik modern.

Bukan hanya itu, di era ini semakin banyak tools yang berfungsi untuk memudahkan para pemakai alat musik. Salah satunya tools untuk alat musik gitar. Pada beberapa tahun silam, garpu tala merupakan tools yang digunakan untuk menyetem gitar. Namun seiring perkembangan zaman, muncul berbagai tools yang lebih praktis dalam menyetem gitar sehingga tools-tools lama sudah mulai ditinggalkan termasuk garpu tala.

Berbicara tentang menyetem gitar, saat ini ada beberapa tools sebagai alternatif untuk menyetem gitar. Bagi anda pengguna smartphone khususnya android OS dan IOS terdapat banyak aplikasi gratis yang dapat berfungsi sebagai tuner gitar yang sangat mudah digunakan. Hasilnya pun tidak dapat diragukan karena hasil steman aplikasi sangat akurat, seperti guitar pro, guitar tun, etc.

Tetapi sesuai dengan judul artikel pada tutorial kali ini, kita akan mencoba cara stem (tuning) gitar tanpa bantuan aplikasi tuner android maupun IOS. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyetem senar gitar selain menggunakan aplikasi tuner.

1. Menyetem gitar dengan menyamakan sinar
2. Menyamakan dengan instrumen lain
3. Menyetem gitar dengan membentuk suatu melodi
4. Menggunakan teknik harmonik

Menyetem gitar tanpa bantuan aplikasi dan dilakukan secara manual dapat meningkatkan kepekaan telinga terhadap bunyi nada sehingga feeling juga akan lebih mudah terbentuk.

”Setelah anda mengikuti tutorial ini anda diharapkan mampu untuk menyetem gitar sendiri tanpa bantuan aplikasi.”

Sebelum memasuki langkah-langkah menyetem gitar, ada baiknya anda mengetahui tentang jenis-jenis tunning gitar. Ada banyak sekali jenis tuning gitar di dunia, namun ada satu tuning yang ditetapkan sebagai tuning standar.

Tuning standar


Seperti yang anda ketahui bahwa setiap fret gitar pada senar tertentu memiliki nada-nada yang umumnya ditentukan sesuai dengan jenis tuning yang digunakan. Oleh karena itu, anda dapat menarik kesimpulan bahwa ketika ada satu senar saja yang tidak tepat maka seluruh bunyi chord akan menjadi fals.

Tuning atau stem gitar standar

  • Senar 1 nada E (bunyi mi atau 3)
  • Senar 2 nada B (bunyi si atau 7)
  • Senar 3 nada G (bunyi sol atau 5)
  • Senar 4 nada D (bunyi re atau 2)
  • Senar 5 nada A (bunyi la atau 6)
  • Senar 6 nada E (bunyi mi atau 3)


E B G D A E terletak di fret nol dan hanya berlaku jika anda memetik sinar tanpa menekan fret apapun atau istilah kerennya open chord.

Dari nada-nada senar gitar dengan tuning standar di atas dapat diketahui bahwa nada dasarnya adalah C dengan bunyi do dengan alasan bunyi senar 1 sama dengan mi (E). Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel keterangan di bawah ini dengan seksama!

Not angka Not balok Bunyi nada
1 C do
2 D re
3 E mi
4 F fa
5 G sol
6 A la
7 B si
1’ C’ do’

  • C D E F G A B C’ merupakan nada dalam notasi balok/huruf
  • 1 2 3 4 5 6 7 1’ merupakan nada dalam notasi angka
  • do re mi fa sol la si do’ merupakam bunyi nada

C sampai B sama dengan 1 sampai 7 merupakan 1 oktaf. C’ sama dengan 1’ merupakan oktaf selanjutnya dengan nada yang lebih tinggi. Jika anda masih belum mengerti hal ini akan kita bahas tuntas dalam tutorial-tutorial selanjutnya tentang CAGED system dan melodi gitar.

Dari data-data di atas, kita juga dapat menarik kesimpulan bahwa tuning gitar standar adalah dasar pembentukan chord-chord yang familiar yang telah kita pelajari pada tutorial mengenal chord dan kunci gitar dasar. Kunci C yang anda kenal dapat berubah bentuk jika menggunakan jenis tuning lain yang secara otomatis juga mengubah bentuk chord-chord lainnya. Hal ini disebabkan oleh rumus pembentuk chord atau formula chord. (dipelajari pada tutorial-tutorial selanjutnya).

Cara stem gitar manual tanpa aplikasi


1. Stem gitar dengan menyamakan senar gitar


Stem gitar dengan cara yang satu ini kelihatan sangat mudah. Namun pada kenyataannya hal ini cukup sulit dilakukan oleh para gitaris beginners yang acapkali merasa kebingungan untuk membedakan tinggi rendahnya nada.

Jika anda mengalamii hal ini, anda dapat mengatasinya dengan latihan yang giat dan efektif bahkan terkadang harus mengikuti pelatihan khusus ear training untuk melatih pendengaran dan kepekaan terhadap nada. Namun tenang saja, dibawah akan saya berikan sedikit tips tentang cara mendengar senar gitar.

Langkah-langkah stem gitar manual dengan menyamakan senar gitar

  1. Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  2. Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  3. Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  4. Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  5. Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.

Kencangkan senar nomor 6 sesuai dengan keinginan (kira-kira nada yang tepat menyerupai nada E) kemudian ikuti petunjuk di atas. Anda juga dapat memulai dari senar 1. Kencangkan senar 1 sesuai keinginan dan ikuti petunjuk di atas. Bunyikan chord dan rasakan setiap nadanya apakah sudah selaras atau belum. Tips dari saya hafal bunyi senar 1 dan senar 6 dengan menggunakan tuner sehingga steman benar-benar standar.

Tuning gitar dengan metode ini membutuhkan pendengaran yang baik, yaitu pendengaran yang peka terhadap bunyi nada. Rasakan getaran senar untuk mengetahui seberapa panjang dan tingginya suatu nada.

NB: Semakin kencang senar gitar maka getaran yang dihasilkan akan semakin sedikit (pendek) dengan bunyi nada yang lebih tinggi. Begitu pun sebaliknya, semakin molor senar gitar maka getaran yang dihasilkan lebih banyak (panjang) dengan bunyi nada yang lebih rendah.

Teknik menyetem gitar dengan menyamakan senar gitar memiliki cara kerja yang sama dengan garpu tala. Ketika menggunakan garpu tala, anda dapat menyetam gitar mengikuti langkah-langkah di atas. Bedanya anda hanya perlu menempelkan garpu tala ke neck gitar dan menyamakan bunyi garpu tala dengan senar 5 dengan nada A= 440Hz.

2. Stem gitar dengan instrumen musik lain


Salah satu alat musik yang sangat cocok untuk menyetem gitar adalah alat musik keyboard. Anda dapat langsung menyetem gitar dengan mencocokkan setiap nadanya. Fitur lain yang juga terdapat pada keyboard adalah mengubah suara keyboard menjadi suara gitar.

Alternatif yang cukup tepat adalah menggunakan gitar yang lain yang sudah dituning standar dan menyamakannya dengan bunyi senar gitar yang akan distem.

3. Stem gitar dengan membentuk melodi


Menyetem gitar dengan teknik yang satu ini sebenarnya sangat mudah dengan syarat anda telah mengetahui melodi gitar suatu lagu. Anda dapat membunyikan melodi lagu tersebut dan mendengar nada yang fals. Stem gitar dengan cara ini juga mengharuskan anda untuk dapat bermain melodi pada semua senar gitar termasuk senar bass.

4. Stem gitar dengan teknik harmonic


Teknik harmonik memiliki banyak variasi dan merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam permainan solo gitar fingerstyle. Teknik harmonik dilakukan dengan cara menyentuh senar pada fret tertentu dengan jari tangan kiri tanpa menekan senar sampai ke fret cukup hanya dengan menempelkan jari pada senar gitar.

Cara melakukan tuning dengan teknik harmonik

  1. Stem senar nomor 6 dengan tepat sesuai dengan tuning standar (gunakan prinsip kira-kira) untuk menjadi patokan dasar steman.
  2. Bunyi harmonic senar 5 fret 7 sama dengan harmonic senar 6 fret 5
  3. Harmonic senar 4 fret 7 sama dengan bunyi harmonic senar 5 fret 5
  4. Harmonic senar 3 fret 7 sama dengan bunyi harmonic senar 4 fret 5
  5. Harmonic senar 2 fret 5 sama dengan bunyi harmonic senar 3 fret 4
  6. Harmonic senar 1 fret 7 sama dengan bunyi harmonic senar 2 fret 5

Setelah berhasil menyetem gitar secara manual, anda dapat membentuk chord dan mendengarkan bunyinya untuk menguji hasil steman.

Gitaris yang memiliki feeling yang baik dapat menyetem gitar dengan sangat mudah. Bahkan mereka dapat merasakan senar gitar yang fals hanya dengan mendengar tanpa memegang gitar langsung.

Ada yang mengatakan untuk dapat menyetem gitar secara manual seseorang harus bisa mencari chord gitar suatu lagu sendiri. Jadi, kesimpulannya jika bisa menyetem gitar secara manual seharusnya seseorang juga bisa mencari chord gitar suatu lagu.

Demikianlah artikel tentang cara stem gitar standar tanpa aplikasi tuner. Pada tutorial gitar selanjutnya kita akan membahas tentang cara menguasai kunci gantung dengan CAGED system. Semoga bermanfaat and fighting!

0 Response to "Belajar stem gitar tanpa aplikasi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel