Belajar kunci gantung

Tutorial Belajar Gitar part 6: Menguasai Kunci Gantung dengan CAGED SYSTEM


Kunci gantung atau ada yang menyebutnya kunci tegak atau kunci balok atau kunci palang atau kunci pagar merupakan kunci gitar lanjutan dari kunci dasar dalam belajar alat musik gitar. Pada tutorial belajar gitar part 1 tentang kunci dasar/chord dasar sebelumnya, sebenarnya anda telah melihat bahkan mungkin telah berhasil menggunakan kunci gantung, yaitu kunci F dan kunci B. Kedua chord gitar ini termasuk chord gitar gantung.

Apa itu kunci gantung dalam permainan gitar?

Kunci gantung adalah perubahan nada atau chord tanpa mengubah bentuk asli atau awal dari chord tersebut, namun hanya digeser dengan patokan nada pada bass. Misalnya, bentuk chord B merupakan turunan dari bentuk chord A.


Kunci gantung atau kunci balok pada dasarnya sama saja dengan chord dasar pada gitar, hanya saja suara hasil genjrengan kunci gantung lebih ngebass, berbeda dengan bentuk chord dasar yang suaranya lebih bright. Namun dalam penggunaannya, baik kunci dengan bentuk dasar maupun bentuk kunci gantung semuanya sama saja karena terdiri dari formula chord yang sama.

Sebagai contoh, chord gitar C dan chord gitar C gantung memilki bunyi nada yang sama meskipun bentuk dan letaknya berbeda pada fret gitar.


Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan bahwa chord C dan chord-chord lainnya dapat terletak dimanapun didalam fret gitar dengan syarat formula chord atau nada pembentuk chordnya tetap sama.

Menguasai kunci gantung atau kunci palang merupakan hal yang mudah. Bahkan bisa dikatakan belajar kunci gantung jauh lebih mudah daripada belajar chord dasar saat baru berlatih gitar. Hal ini dikarenakan chord gantung dibentuk dari pola yang sama pada disetiap fretnya.

Bagaimana cara kerja kunci gantung?

Cara kerja kunci gantung menyerupai capo (penjepit senar gitar) yang digunakan dengan tujuan mengubah nada dasar tanpa mengubah bentuk asli chord. Contoh sederhananya, ketika anda menjepit neck gitar dengan capo pada fret 2 dan membentuk chord C maka nada chord tersebut akan berubah menjadi chord D.

Apakah manfaat menguasai kunci gantung dalam gitar?

Manfaat kunci gantung terkadang dipertanyakan oleh gitaris pemula yang mengalami kesulitan dalam membentuk kunci gantung. Mereka berdalih bahwa bermain gitar cukup dengan chord dasar tanpa perlu chord yang aneh-aneh. Namun ketahuilah bahwa kunci gantung merupakan kunci/chord gitar yang sangat bermanfaat dalam permainan gitar.

  • Menguasai kunci gantung memungkinkan anda untuk menghafal semua bentuk chord kress dan mol mayor-minor dan letak-letaknya pada fret gitar.
  • Kunci gantung memungkinkan dan memudahkan gitaris dalam berimprovisasi.
  • Kunci gantung merupakan jembatan menuju ke gitaris solo atau fingerstyle

Menghafal dan menguasai seluruh chord kress dan mol mayor-minor dalam gitar bukanlah hal yang mustahil. Anda tidak perlu takut untuk belajar chord gantung karena kita akan menggunakan metode yang sangat mudah dalam menghafal chord gantung dan letak-letaknya pada fret gitar.

Setelah mengikuti tutorial belajar gitar ini, anda diharapkan mampu:

1. Mengetahui dan mengenal scale/interval dan cara menerapkannya pada fret gitar
2. Mengenal cara kerja kunci gantung
3. Memanfaatkan CAGED system untuk memudahkan menghafal kunci gantung


Langkah-langkah menguasai kunci gantung


1. Menguasai chord gitar dasar


Pertama yang harus anda ingat bahwa kunci gantung memiliki bentuk yang sedikit lebih sulit daripada chord dasar dalam permainan gitar. Karena itulah, syarat pertama menguasai kunci gantung adalah menguasai chord gitar dasar.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa chord dasar B dan F termasuk ke dalam kunci gantung. Jika anda telah lancar menggunakan kedua kunci tersebut maka langkah anda untuk menguasai kunci gantung sebenarnya sudah terbuka lebar.

Saya tidak akan membahas tentang cara melenturkan tangan untuk dapat membentuk kunci gantung. Kunci gantung yang terlihat sangat sulit untuk dibentuk sebenarnya sangat mudah dikuasai dengan satu kata kunci, latihan! Anda akan mengalami kesulitan ketika pertama kali membentuk kunci gantung namun seiring berjalannya waktu anda akan menguasai kunci gantung dengan sendirinya.

Tips dan trik bagi pemula:
Agar kunci gantung dapat berbunyi dengan baik tekan senar gitar pada fret yang dekat dengan grip (besi pembatas nada).


2. Menghafal scale


Scale merupakan interval antarnada dalam suatu tangga nada. Dalam seni musik terdapat banyak sekali tangga nada, seperti chromatic scale, pentatonic scale, diatonic scale, dan lain sebagainya. Inti dari tangga nada adalah scale atau interval antar nada-nadanya.

Tangga nada diatonik merupakan tangga nada yang sangat krusial dan paling penting dalam seni musik. Tangga nada diatonik juga merupakan tangga nada yang sangat populer digunakan dalam bermain gitar solo atau fingerstyle.

Tangga nada diatonik

Tangga nada diatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari 7 nada dalam satu oktaf, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, dan si. Tangga nada diatonik terdiri dari dua jenis, yaitu tangga nada diatonik mayor dan tangga diatonik minor. Kedua jenis tangga nada diatonik ini memiliki perbedaan pada scale atau interval antar nada-nadanya.

-Major Diatonic scale

1 1 1/2 1 1 1 1/2
C D E F G A B

-Minor diatonik scale

1 1/2 1 1 1/2 1 1
A B C D E F G

Keterangan:

  • 1 sama dengan naik satu nada jika pada gitar 2 Fret
  • 1/2 sama dengan naik setengah nada jika pada gitar 1 Fret
  • Selain E ke F=1/2 dan B ke C=1/2 semuanya naik 1 nada

Interval atau scale tangga nada diatonik diatas merupakan dasar yang harus anda kuasai jika ingin menguasai kunci gantung. Pada intinya, untuk dapat menghafal scale diatonik di atas anda hanya perlu menghafal intervalnya. Major dimulai dari C dan minor dimulai dari A. Jika anda menghafal interval major seharusnya anda juga sudah bisa menghafal interval minor.

3. Metode CAGED SYSTEM


CAGED system merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam belajar kunci gantung. Pada dasarnya, semua bentuk chord dasar, baik itu chord mayor, minor, diminished, augmented, suspend, etc. memiliki bentuk kunci gantung, kecuali chord B dan chord F karena sudah termasuk ke dalam chord gantung turunan dari chord bentuk A dan chord bentuk E.

Sesuai dengan namanya, CAGED system merupakan chord yang memiliki chord gantung, yaitu chord C, A, G, E, dan D. Pada umumnya, chord yang sering digunakan dalam memainkan bentuk kunci gantung dalam permainan gitar adalah chord bentuk A dan chord bentuk E major dan minornya.

Oleh sebab itu, kita hanya membahas bentuk turunan dari chord bentuk A dan chord bentuk E. Jika anda telah mengetahui inti dari chord gantung A dan E maka anda sudah bisa memahami chord gantung dari bentuk dasar C, G, dan D.

Bentuk chord dasar A dan turunannya sehingga menjadi chord gantung

Untuk memudahkan menghafal letak nada chord pada fret gitar maka kita hanya perlu fokus pada nada bass. Nada bass pada chord A adalah senar 5 fret 0 (ingat pada tutorial sebelumnya tentang open chord dalam tuning gitar standar).

  • Chord A bassnya ada ditali 5 fret 0
  • Chord A# bassnya ada ditali 5 fret 1
  • Chord B bassnya ada di tali 5 fret 2
  • Chord C bassnya ada di tali 5 fret 3, etc.
  • Chord C# bassnya ada di tali 5 fret 4, etc.

Bentuk chord dasar Am dan turunannya sehingga menjadi chord gantung

Nada bass pada chord Am pada intinya sama saja dengan chord A, yaitu di senar 5 fret 0.

NB: Perbedaan chord major, minor, diminished, etc. hanya terletak pada rumus pembentuk chord (chord formula).

  • Chord Am bassnya ada ditali 5 fret 0
  • Chord A#m bassnya ada ditali 5 fret 1
  • Chord Bm bassnya ada di tali 5 fret 2
  • Chord Cm bassnya ada di tali 5 fret 3
  • Chord C#m bassnya ada di tali 5 fret 4, etc.

Bentuk chord dasar E dan turunannya sehingga menjadi chord gantung

Nada bass pada chord E terletak pada senar 6 fret 0 (ingat pada tutorial stem gitar tentang open chord)

  • Chord E bassnya ditali 6 fret 0
  • Chord F bassnya ditali 6 fret 1
  • Chord F# bassya di tali 6 fret 2
  • Chord G bassnya ditali 6 fret 3








  • Chord G# bassnya ditali 6 fret 4, etc.






  • Bentuk chord dasar Em dan turunannya sehingga menjadi chord gantung

    Letaknya nada patokannya juga sama dengan chord E, yaitu pada senar 6 fret 0.

    • Chord Em bassnya ditali 6 fret 0
    • Chord Fm bassnya ditali 6 fret 1
    • Chord F#m bassya di tali 6 fret 2
    • Chord Gm bassnya ditali 6 fret 3, etc.

    Keterangan:
      Dibaca kress merupakan naik setengah nada





    • (G# sama dengan Ab), (Bb sama dengan A#), etc.









    • b dibaca mol merupakan turun setengah nada









    • (D# sama dengan Eb)









    • Tidak ada yang namanya B# dan E# sesuai dengan scale B ke C naik 1/2 dan E ke F naik 1/2.




    • Cara mengahafal dan menguasai kunci gantung dalam 7 hari
      1. Pada tahap pertama, anda harus lancar menggunakan chord gantung. Jari yang paling sentral dalam kunci gantung adalah jari telunjuk yang berperan seperti capo (penjepit senar gitar).

      2. Hafal scale atau interval nada-nada dalam tangga nada diatonik major dan minor

      3. Scale yang anda hafal terapkan pada fret gitar dengan fokus pada nada bass, yaitu senar 5 fret 0, dst. untuk semua bentuk turunan chord A dan senar 6 fret 0, dst. untuk semua turunan chord E.

      4. Cara terbaik untuk memahami teori adalah dengan segera mempraktekkanya.

      Bagaimana? Mudah bukan menguasai kunci gantung atau kunci tegak ini?

      Artikel lainnya cara mencari chord gitar sendiri.

      Sekedar info, di luar sana banyak gitaris yang jika dilihat dari cara dan teknik bermainnya sudah sangat pro namun mereka tidak tahu nama dari chord tersebut dan hanya bisa menerapkannya pada fret gitar sesuai dengan chord family and I think it’s not a problem. Tapi jika anda berniat terjun ke dunia musik anda wajib mengetahui tentang teori-teori dasar seperti metode CAGED system dalam gitar dan scale yang digunakan dalam seni musik.

      Demikianlah artikel belajar gitar hari ini tentang cara mudah dan ampuh menguasai chord balok atau kunci gantung. Pada tutorial berikutnya, kita memasuki kelas belajar melodi gitar pemula. Semoga bermanfaat!

      1 Response to "Belajar kunci gantung"

      Silahkan tinggalkan jejak!

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel