Etika Pergaulan



ETIKA PERGAULAN


Mata Kuliah Pendidikan Etika dan Moral

Dosen: Abdullah Sappe Ampin Maja, S.Pdi., MA.

DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 9
Perdiansyah Syahruddin 1704411558
Renry Pratiwi 1704411559
Ulfayani 1704411560
Weldy Simon 1704411561


PROGRAM​ ​STUDI​ ​TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS​ ​TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS​ ​COKROAMINOTO PALOPO
2017/2018


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kita persembahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas kasih dan penyertaan-Nyalah, kami dapat menyelesaikan salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Etika dan Moral, yaitu makalah yang berjudul “Etika Pergaulan” ini.

Makalah ini dapat terselesaikan atas bantuan berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini, diantaranya:

1. Bapak Abdullah Sappe Ampin Maja, S.Pdi., MA. selaku dosen pendamping mata kuliah Pendidikan Etika dan Moral yang telah banyak memberikan saran dan materi yang sangat membantu dalam proses penyelesaian makalah “Etika Pergaulan” ini.

2. Orang tua penulis yang selalu memberikan dukungan moral dan materi dalam proses pendidikan penulis

3. Semua anggota kelompok 9 yang telah bekerjasama dengan baik sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Kami menyadari bahwa makalah yang telah tersusun ini masih memiliki banyak kekurangan yang berhasil luput dari pengamatan kami. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat diharapkan untuk kemajuan kita bersama dalam mencapai tujuan dari proses pembelajaran yang telah kita laksanakan.

Akhir kata, semoga makalah “Etika Pergaulan” ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan kita terutama dalam pergaulan sehari-hari.

Palopo, 25 November 2017

Penulis

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan Makalah 1
BAB II PEMBAHASAN 2
1.1 Pengertian Etika Pergaulan 2
1.2 Prinsip-prinsip Etika Pergaulan 2
1.3 Faktor yang Mempengaruhi Etika Pergaulan 3
1.4 Contoh Etika Pergaulan yang Sehat 4
BAB III PENUTUP 5
3.1 Kesimpulan 5
3.2 Saran 5
DAFTAR PUSTAKA 6



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Manusia dapat disebut makhluk individu namun tidak akan pernah bisa lepas dari hakekat manusia sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial dituntut untuk selalu berkomunikasi dan berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Dalam hubungan bermasyarakat inilah, dibutuhkan sesuatu yang dinamakan “etika pergaulan”.
Etika pergaulan dapat menentukan kedudukan dan posisi seseorang dalam lingkungan masyarakat. Etika pergaulan yang baik membuat kedudukan seseorang diperhitungkan dalam suatu lingkungan masyarakat. Begitupun sebaliknya, etika pergaulan yang buruk berdampak pada penolakan lingkungan terhadap orang tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, dalam makalah ini kami akan merumuskan beberapa masalah terkait dengan etika dalam pergaulan di masyarakat, diantaranya sebagai berikut.
1. Pengertian Etika Pergaulan
2. Prinsip Etika Pergaulan
3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Etika Pergaulan
4. Etika Pergaulan yang sehat

1.3 Tujuan Makalah

Salah satu tujuan penulisan makalah “Etika Pergaulan” ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Etika dan Moral. Adapun tujuan-tujuan lainnya adalah sebagai berikut.

1. Memahami etika pergaulan yang berlaku di masyarakat sekitar
2. Mengenal dan mempraktikan etika pergaulan yang positif

BAB II
PEMBAHASAN


1.1 Pengertian Etika Pergaulan

Dilihat dari akar katanya, etika pergaulan terdiri dari 2 kata utama, yaitu etika dan pergaulan.

1. Etika

Secara etimologis kata etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu “ethos” yang artinya watak kesusilaan atau adat kebiasaan. Dalam KBBI, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Kata etika erat hubungannya dengan moral, namun dalam hubungan kegiatan sehari-hari memiliki perbedaan. Moral merupakan penilaian terhadap perilaku seseorang dan etika merupakan nilai atau adat yang seharusnya berlaku dalam masyarakat.

2. Pergaulan

Pergaulan berasal dari kata dasar “gaul” yang dalam KBBI berarti hidup berteman atau bersahabat. Dari pengertian secara etimologis masing-masing kata di atas, dapat disimpulkan bahwa etika pergaulan adalah tata cara berperilaku dalam masyarakat sesuai dengan aturan dan norma yang tidak melanggar adat istiadat kesopanan dan hukum.

Dalam pergaulan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat, seseorang dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Prinsip etika pergaulan yang mutlak berlaku di masyarakat dan diterima umum semua orang adalah toleransi dan disiplin.

Dengan diterapkannya prinsip toleransi dan disiplin dalam kehidupan setiap orang maka etika pergaulan telah terwujud yang akan menciptakan hubungan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat.


1.2 Prinsip-prinsip Etika Pergaulan

Etika pergaulan menjunjung beberapa prinsip sebagai berikut.

1. Toleransi

Toleransi atau tenggang rasa merupakan sikap saling menghargai yang ditunjukkan dengan sikap cinta kasih dan damai yang siap sedia membantu orang lain.

2. Hak dan kewajiban

Etika pergaulan yang sehat menghargai dan menghormati hak setiap orang dan melaksanakan kewajiban tanpa mengurangi atau membatasi hak sesama sesuai dengan norma yang berlaku.

3. Disiplin dan profesioanalisme

Disiplin merupakan salah satu prinsip etika pergaulan yang berlaku dan diterima secara umum dan profesionalisme merupakan salah satu bentuk disiplin yang dapat meliputi totalitas dan keadilan.

4. Sopan santun

Sopan santun merupakan prinsip dasar dalam pergaulan yang ditunjukkan dengan sikap ramah tama seorang terhadap yang lain.

5. Kesederhanaan

Etika pergaulan juga meliputi kesederhanaan, yaitu sikap bersahaja dan tidak berlebihan.

6. Kejujuran

Kejujuran merupakan nilai tertinggi dalam etika pergaulan. Kejujuran akan menempatkan seseorang pada posisi yang dapat dipercaya sehingga terkadang akan diberikan tanggung jawab yang lebih tinggi.

7. Berpikir positif

Berpikir positif menuntut seseorang untuk tidak berprasangka buruk terhadap orang lain.


1.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Etika Pergaulan

Pada kenyataannya, etika pergaulan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, dimana antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya saling berhubungan.

1. Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor utama yang mempengaruhi etika pergaulan seseorang. Lingkungan merupakan media utama seseorang dalam berinteraksi dan mengadakan hubungan timbal balik dengan sesamanya. Faktor lingkungan yang mempengaruhi etika pergaulan adalah suasana dalam keluarga dan masyarakat serta rutinitas pekerjaan.

2. Umur

Usia mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap lingkungan sekitarnya yang berdampak pada tata cara berperilaku seseorang dalam lingkungannya sehingga memunculkan etika pergaulan.

3. Emosi

Emosi seseorang dipengaruhi oleh usia dan dibentuk dari lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang sehat akan membentuk penguasaan diri dari sikap yang emosional atau sikap berlebih-lebihan.


1.4 Contoh Etika Pergaulan yang Sehat

Berikut beberapa contoh etika pergaulan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan dalam masyarakat.

1. Etika Berbicara

Etika yang baik dalam berbicara meliputi:
-Memperhatikan lawan bicara
-Menjadi pendengar yang baik
-Menciptakan proses komunikasi yang menyenangkan
-Tidak mendominasi pembicaraan
-Tidak memotong pembicaraan lawan bicara
-Tidak membahas kejelekan orang lain

2. Etika Bertamu ke rumah orang lain

Etika bertamu ke ke rumah sesama yang baik meliputi:
-Sebaiknya membuat janji terlebih dahulu
-Jika telah membuat janji usahakan tepat waktu
-Ucapkan salam sebagai tanda kedatangan begitupun saat hendak pulang
-Masuk jika sudah dipersilahkan
-Menjaga sikap
-Ingat waktu

3. Etika dalam menelpon

Etika yang baik dalam menelpon meliputi:
-Segera angkat telepon jika berdering
-Sebutkan salam dan nama
-Bersikap hangat
-Fokuslah pada tujuan atau pesan utama
-Kendalikan emosi pada saat menelpon
-Akhiri dengan mengucapkan salam penutup

Dalam kehidupan bermasyarakat, etika pergaulan yang umum dan dapat diterapkan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

-Mengucapkan salam
-Menghormati orang tua
-Menghargai sesama
-Bersikap santun dan tidak sombong
-Disiplin
-Memberi bantuan
-Mengucapkan terima kasih
-Mengucapkan maaf, dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP


1.1 Kesimpulan

Etika pergaulan adalah tata cara berperilaku dalam masyarakat sesuai dengan aturan dan norma yang tidak melanggar adat istiadat kesopanan dan hukum. Etika pergaulan yang baik memberikan dampak positif, yaitu penerimaan lingkungan terhadap suatu pribadi. Sebaliknya, etika pergaulan yang buruk berdampak pada penolakan terhdapat seseorang oleh suatu lingkungan.

Dalam etika pergaulan terdapat beberapa prinsip yang dapat membantu seseorang dalam menentukan posisinya dalam suatu lingkungan. Prinsip-prinsip tersebut merupakan prinsip umum yang diterima oleh semua orang. Etika pergaulan seseorang juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor lingkungan, umur, dan emosi.

Dengan memahami dan mempraktekkan etika pergaulan yang baik, seseorang dapat mengetahui cara berperilaku yang baik dan benar yang dapat diterima oleh masyarakat secara umum.

1.2 Saran

Terlepas dari kekurangan, semoga makalah ini dapat memberikan gambaran kepada kita tentang cara berperilaku yang sopan sesuai dengan norma dan adat istiadat yang berlaku dilingkungan kita. Manusia adalah makhluk individu yang berusaha mengenal lingkungan sosialnya dengan cara berinteraksi.

Pandai membawa dan menempatkan diri dalam masyarakat merupakan dasar utama dan terpenting dalam etika pergaulan.

DAFTAR PUSTAKA

megayaniimei.wordpress.com/2013/09/09/makalah-etika-dalam-pergaulan/.html
mycomitmen.blogspot.co.id/2016/06/makalah-etika-pergaulan.html

0 Response to "Etika Pergaulan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel