Belajar gitar melodi mengiringi lagu


Tutorial Belajar Gitar part 9: Mengiringi Lagu Pertama Dengan Melodi Gitar

Belajar gitar melodi bertujuan untuk mengiringi suatu lagu. Sebagai pemula mengiringi suatu lagu dengan melodi memang bisa dikatakan hal yang mustahil. Namun dengan beberapa trik dan teknik dibawah ini, anda yang baru berlatih gitar melodi pun bisa mengiringi suatu lagu dengan menggunakan instrumen gitar sebagai pengiring lagu.

Setelah mengikuti tutorial belajar gitar melodi ini, anda diharapkan mampu untuk:

1. Mengiringi lagu dengan gitar melodi paling tidak satu lagu
2. Memiliki satu perbendaharaan lagu atau lebih sebagai referensi mencari melodi suatu lagu menggunakan feeling.

Pada artikel ini, kita akan belajar mengiringi lagu pertama dengan melodi gitar. Kita akan menggunakan cara apapun dengan tujuan agar dapat mengiringi paling tidak satu lagu dengan melodi gitar, termasuk mengikuti tutorial youtuber. Dengan memiliki satu perbendaharaan lagu, anda dapat menjadikan lagu tersebut sebagai referensi untuk mencari melodi lagu-lagu yang lain.

Syarat-syarat untuk dapat mengiringi lagu dengan melodi


  1. Telah mengikuti tutorial belajar gitar part 1sampai tutotial part 8 di blog mymelody13
  2. Pada tutorial belajar gitar part 7: melodi dasar dan scale untuk pemula, telah menguasai:
    • Memahami penulisan not dalam seni musik
    • Menguasai scale dan dapat menerapkan gambar bentuk-bentuk melodi, terutama bentuk melodi C pada fret gitar.
  3. Setelah mengikuti tutorial belajar gitar part 8 tentang teknik mempercepat fingering dalam bermain melodi gitar, telah memiliki speed yang lumayan.

Setelah memenuhi ketiga syarat di atas, anda sudah dapat mengiringi lagu dengan melodi menggunakan gitar sebagai pengiring.

Langkah-langkah mengiringi lagu dengan gitar melodi


1. Tentukan lagu pertama


Lagu pertama inilah yang akan anda cari nada-nadanya dan terapkan pada fret gitar sehingga tersusun sebuah melodi yang sesuai dengan rhythm atau irama lagu tersebut. Carilah lagu yang mudah (tempo sedang) dan sebaiknya lagu telah anda hafal sehingga waktu berlatih lebih efisien.

2. Reading and watching


Seperti yang telah saya katakan di atas, kita akan berlatih cara mengiringi lagu pertama dengan melodi gitar dengan cara apapun termasuk membaca dan menonton. Tujuan utama kita hanya satu, yaitu memiliki satu lagu sebagai sebagai perbendaharaan.

Setelah anda menentukan lagu pertama, fokuslah pada lagu tersebut dan carilah nada-nadanya dan terapkan pada fret gitar. Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mencari melodi suatu lagu.

a. Reading TAB

Membaca tab gitar merupakan cara yang paling populer digunakan oleh para pemula dalam mencari melodi suatu lagu maupun belajar fingertyle. Tab gitar menunjukkan dengan sistematis nada-nada yang harus dimainkan pada fret gitar.

Jika anda mencari melodi lagu dengan TAB gitar maka anda harus menghafal lagu tersebut. Kelemahan tab gitar tidak menunjukkan berapa lama suatu nada dimainkan.

b. Not angka

Membaca not angka merupakan metode yang saya gunakan ketika pertama kali berlatih mengiringi lagu pertama dengan melodi gitar. Sama halnya dengan dengan tab gitar, membaca not angka menuntut anda untuk menghafal lagu yang akan dikulik. Meskipun demikian, not angka memungkinkan anda untuk dapat mempelajari suatu lagu tanpa mendengarkan lagu tersebut sebelumnya.

Untuk dapat menerapkan melodi yang terdapat pada not angka langsung pada fret gitar maka anda harus menguasai scale diatonik major. Scale diatonik major adalah scale yang dapat digunakan untuk mengiringi semua lagu. Pada tahap pertama, anda cukup menggunakan nada dasar C=do dengan mengikuti gambar bentuk melodi C pada tutorial sebelumnya.

Lagu pertama yang saya iringi dengan gitar melodi memanfaatkan not angka adalah lagu “KJ. no. 3 Kami Puji Dengan Riang” dengan nada 3 3 4 5 5 4 3 2...

c. Not balok

Not balok merupakan salah satu cara menuliskan lagu dengan not-notnya yang sangat lengkap. Not balok menunjukkan secara lengkap nada-nada beserta ketukan dan tempo suatu lagu. Jika anda dapat membaca not balok maka anda dapat memainkan lagu yang terdapat dalam not balok tersebut meskipun anda belum pernah mendengar lagu tersebut.

Namun sebagai gitaris pemula, mencoba mengiringi lagu dengan gitar melodi memanfaatkan not balok bukanlah suatu solusi karena membaca not balok bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan pendalaman yang serius jika ingin belajar membaca not balok.

d. Watching youtube

Cara ini tidak perlu saya jelaskan lagi. Anda hanya perlu mengunjungi channel youtube yang menyediakan tutorial mengiringi lagu dengan melodi gitar, dan selanjutnya anda hanya perlu mengikuti instruksi dari youtuber tersebut.

Pilihlah salah satu cara mencari melodi suatu lagu di atas sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan anda. Saya sendiri waktu berlatih mengiringi lagu dengan melodi gitar lebih memilih menggunakan not angka. Selain lebih mudah karena telah memahami scale, mendapatkan not angka suatu lagu tidaklah sulit. Banyak sekali lagu-lagu dengan not angka yang bertebaran di dunia nyata maupun dunia maya, sebut saja lagu-lagu nasional dan lagu-lagu gereja seperti Kidung Jemaat dan PKJ.

Eitss... Tapi berlatih dengan membaca sebaiknya dikurangi. Berlatih dengan membaca hanya mengandalkan proses menghafal sehingga bersifat sementara tanpa ada usaha untuk menggunakan feeling yang adalah kunci dalam seni musik. Selain itu, membaca not dengan tab akan membatasi daya kreatifitas seorang gitaris dalam berimprovisasi.

Lagu pertama untuk pemula


Anda bebas memilih lagu apapun yang anda suka. Lagu “Gaby tinggal kenangan” adalah lagu yang sangat disarankan untuk anda yang baru berlatih dan ingin menguasai lagu pertama dengan melodi. Lagu ini bukanlah lagu yang asing di telinga kita dan hampir semua gitarsis Indonesia menggunakan lagu ini sebagai langkah awal mengiringi lagu dengan gitar melodi.

  1. Pertama-tama anda dapat mencari melodi lagu Gaby tinggal kenangan dengan menggunakan metode-metode di atas, yaitu mencari melalui tab gitar, not angka, not balok maupun menonton tutorial youtuber. Pada tutorial belajar gitar melodi kali ini, kita akan memanfaatkan not angka.
  2. Not Angka Lagu Tinggal Kenangan by Gaby

  3. Hafal melodi lagu Tinggal Kenangan oleh Gaby di atas dan mulailah terapkan pada fret gitar. Gunakan scale diatonik major dan manfaatkan melodi bentuk C agar dapat dengan mudah mengetahui letak nada-nadanya pada fret gitar.
  4. Cara menerapkannya pada melodi bentuk C adalah dengan menggunakan nada dasar C = 1. Jadi, jika pada melodi pertama lagu Gaby tinggal kenangan adalah 1 5 3 2... maka pada fret gitar menggunakan bentuk melodi C adalah nada C G E D atau do sol mi re... Itulah inti cara menerapkan scale pada fret gitar dalam mengiringi melodi suatu lagu.

  5. Jangan berpindah dan mencari melodi lagu yang lain sebelum anda benar-benar bisa memainkan lagu pertama anda. Fokus pada satu lagu!
  6. Cara mengiringi lagu di atas, hanya solusi bagi anda yang benar-benar baru mengiringi lagu pertama dengan melodi. Gunakan cara di atas, untuk mengiringi beberapa lagu berikutnya dengan gitar melodi. Metode mengiringi lagu dengan melodi gitar yang kita gunakan di atas, hanya melodi tunggal, yaitu pada senar trebel 1, 2, dan 3. Pada tutorial-tutorial berikutnya, kita akan membahas tentang dasar bermain solo gitar atau fingerstyle. Tutorial ini hanya bertujuan agar anda memiliki satu atau beberapa perbendaharaan lagu yang dapat membantu anda untuk mencari melodi-melodi lagu yang lain dengan menggunakan feeling. Demikianlah artikel tentang tutorial belajar mengiringi lagu pertama dengan melodi gitar. Pada tutorial berikutnya kita akan membahas tentang teknik-teknik bermain gitar melodi. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Belajar gitar melodi mengiringi lagu"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel