Mempercepat speed fingering


Tutorial Belajar Gitar part 8: Teknik Mempercepat Fingering, Exercise!



teknik speed fingering

Sumber Gambar : gitartab41.blogspot.com

John Petrucci (Dream Theater), Paul Gilbert (Mr. Big), Buckethead a.k.a Brian Patrick Carrol (Guns N’ Roses) mereka merupakan sekian dari banyak gitaris dunia yang berhasil memukau dunia melalui permainan gitar solonya. Setiap dari mereka memiliki karakteristik dan teknik bermain yang berbeda namun memiliki satu kesamaan, yaitu speed atau kecepatan fingering.

Speed fingering merupakan dasar yang sangat penting dalam bermain gitar melodi. Tanpa speed fingering, seorang gitaris tidak akan bisa menyatakan irama atau rhythm suatu lagu, terutama lagu yang memiliki karakter fast. Lagu dengan tempo yang cepat menuntut gitaris untuk bermain melodi dengan cepat.

Dasar mempercepat atau menambah speed fingering dalam bermain melodi adalah dapat menyinkronkan antara nada yang ditekan (fingering) dan senar yang dipetik (strumming).

Setelah mengikuti tutorial menambah speed fingering ini, anda diharapkan mampu untuk:

1. Memiliki speed fingering dan picking di atas rata-rata
2. Dapat menggunakan metronome

Bagaimana menambah dan mempercepat speed fingering dalam bermain gitar melodi? Untuk dapat mempercepat fingering anda harus dapat menyinkronkan antara tangan kanan dan tangan kiri dengan baik. Selain itu, anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini untuk mendapatkan tips dan trik menambah speed fingering dalam bermain gitar melodi.

Tips dan trik mempercepat speed fingering dan picking dalam bermain gitar melodi


1. Warming up


Seperti halnya dalam olahraga, sebelum bermain gitar anda juga sebaiknya melakukan warming up. Dalam gitar sendiri terdapat 2 jenis warming up, yaitu fingering dan picking.

a. Fingering

Fingering atau biasa disebut penjarian merupakan teknik mempercepat jari tangan kiri (jari pembentuk chord). Metode latihan fingering biasa disebut dengan istilah senam jari. Berikut teknik-teknik mempercepat fingering dalam bermain melodi gitar.

-Mahir menggunakan chord gantung atau kunci balok

Seperti yang kita ketahui bahwa chord gantung menggunakan semua jari dalam membentuk sebuah chord gitar, except thumb. Dalam bermain melodi, hal yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh pemula adalah menggunakan jari kelingking untuk menekan nada pada fret gitar. Dengan terbiasa menggunakan kunci gantung masalah jari kelingking ini dapat diatasi dengan mudah.

-Menggunakan chromatic scale

Chromatic scale adalah tangga nada yang terdiri dari 12 nada dalam 1 oktaf. Jika pada diatonik scale terdapat 7 nada dalam 1 oktaf dengan interval 1 dan 1/2 maka dalam chromatic scale hanya menggunakan interval 1/2 antar nada-nadanya. Nada-nada dalam chromatic scale meliputi 7 nada dalam diatonik scale dan nada-nada kress dan mol.

Cara menggunakan chromatic scale untuk menambah speed fingering bermain gitar melodi:

  • Tentukan 4 fret/kolom gitar. Misalnya, fret 1, fret 2, fret 3, dan fret 4.
  • Mainkan jari-jari anda pada masing-masing fret gitar:
  • -fret 1 untuk jari telunjuk, -fret 2 untuk jari tengah -fret 3 untuk jari manis, -fret 4 untuk jari kelingking.
  • Petik senar 1 kemudian berpindah jari untuk membunyikan nada yang berbeda
  • Petik senar 2 sampai senar 6 dengan mengikuti pola seperti pada senar 1
  • Ulangi sampai tangan anda terasa pegal-pegal. Wwkwk...

-Menggunakan bentuk-bentuk melodi

Pada tutorial sebelumnya dalam artikel belajar melodi gitar dasar, kita telah mempelajari bentuk-bentuk melodi yang sering digunakan dalam bermain melodi gitar berdasarkan scale diatonik major. Anda dapat memanfaatkan bentuk-bentuk melodi tersebut untuk menambah speed atau kecepatan fingering.

  • Bentuk melodi C dan F untuk latihan menambah speed fingering 3 jari.

  • Bentuk melodi A dan G untuk latihan menambah speed fingering 4 jari layaknya chromatic scale.

Saya sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan bentuk-bentuk melodi untuk menambah speed fingering dalam bermain gitar melodi. Hal ini bertujuan untuk lebih mengenal scale diatonik major nada-nadanya dan letaknya pada fret gitar. Seperti yang anda ketahui bahwa major diatonik scale merupakan scale yang sering digunakan dalam bermain melodi untuk mengiringi sebuah lagu.

-Fingerpicking

Fingerpicking adalah salah satu teknik teknik untuk mempercepat strumming atau petikan gitar. Fingerpicking bertujuan untuk melatih tangan kanan (jari pemetik senar gitar) untuk dapat memetik senar menggunakan teknik 4 jari, yaitu P, I, M, A. Teknik memetik senar gitar 4 jari ini telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang teknik strumming gitar.

2. Metronome tools


Metronome adalah salah satu alat atau tools yang dapat membantu gitaris dalam berlatih gitar. Harga metronome yang cukup mahal menuntut kita yang memiliki budget dibawah rata-rata harus mencari alternatif lain. Kemajuan teknologi telah membuat hampir semua alat fisik memiliki bentuk virtual, termasuk metronome. Anda bisa mendapatkan metronome gratis a.k.a free dengan mendownloadnya di playstore bagi pengguna smartphone android.

Berlatih menggunakan metronome terbilang cukup sulit karena membutuhkan fokus tingkat tinggi. Anda dapat memulai dari tempo yang slow sebagai permulaan kemudian mempercepat tempo secara bertingkat. Cara menggunakan metronome pada dasarnya anda hanya perlu memainkan nada-nada dalam setiap ketukan yang ditandai dengan bunyi “klik” pada metronome.

Jika berlatih menggunakan metronome dengan menggenjreng gitar, anda dapat membuat chord proggression kemudian menentukan ketukan pada setiap chordnya dan berpindah chord setiap bunyi “klik” sesuai dengan ketukan yang telah anda tentukan pada masing-masing chordnya.

Metronome berfungsi untuk menstabilkan tempo dalam permainan gitar. Dikutip dari channel youtube vokalplus,
dalam seni musik terdapat dua jenis fals, yaitu fals nada dan fals tempo. Dengan berlatih menggunakan metronome tempo seorang gitaris saat bermain gitar akan lebih rapi dan tidak mudah berubah-ubah.

Dengan berlatih menggunakan metronome, anda dapat mengukur tingkat kecepatan fingering anda.

3. Bermain melodi lagu yang nge-beat


Salah satu cara terbaik untuk menambah speed fingering bermain melodi adalah dengan sering-sering bermain melodi lagu yang berkecepatan tinggi. Bermain melodi lagu yang memiliki kecepatan di atas rata-rata akane mempengaruhi kecepatan fingering gitaris secara langsung.

Namun seperti petuah orang bijak, “seribu langkah berawal dari satu langkah”, anda hendaknya belajar mengiringi lagu yang mudah dulu dengan tempo yang lambat kemudian sedang dan tempo yang lebih cepat secara perlahan. Dengan demikian, anda dapat merasakan speed fingering yang semakin hari semakin meningkat.

4. The best fingering exercise


Tips dan trik menambah speed fingering yang ke-4 ini merupakan kombinasi dari 3 tips dan trik di atas. Tips dan trik “the best fingering exercise” merupakan teknik terbaik dari yang terbaik yang dapat anda terapkan untuk menambah speed fingering dan picking. Teknik ini rangkum dalam satu kata, yaitu latihan.

Satu-satunya cara untuk menambah speed/kecepatan bermain melodi gitar adalah dengan latihan. Latihan akan menambah jam terbang yang menandakan pengalaman-pengalaman yang telah dilalui.

“Pratice make perfect!”

Jika anda berniat mengiringi lagu dengan melodi menggunakan gitar, terutama lagu yang cepat tanpa memiliki speed maka tidak seorang pun yang akan mengetahui lagu yang sedang anda mainkan, bahkan oleh penciptanya sekalipun.

Demikianlah artikel belajar gitar tentang tips dan trik terbaik untuk menambah speed fingering bermain gitar melodi. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas tentang cara mengiringi lagu dengan melodi menggunakan gitar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mempercepat speed fingering"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel