The 5th steps belajar javascript: Mengenal Core JavaScript dan DOM (Document Object Model)


Hello brother's and sista...
Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang The 4th steps belajar javascript: struktur javascript dan cara menjalankan program javascript didalam HTML. Pada artikel tersebut kita telah mengerti konsep dasar struktur javascript dan cara menyisipkan script javascript kedalam HTML. Namun kita masih belum mengerti tentang kode javascript seperti fungsi dari alert, document.write, etc. But, don't worry brother's... Semuanya masih sesuai dengan urutan. Sampai saat ini saya juga masih belum mengerti tentang kode-kode javascript seperti itu. Hhe..hhe... Saya hanya tahu bagaimana menyisipkan kode-kode javascript (yang masih tanda tanya) kedalam HTML. So, mari kita lanjutkan ketahap berikutnya, yaitu The 5th steps belajar javascript: Core JavaScript dan DOM (Document Object Model).


Pada dasarnya, javascript programming language terdiri dari dua bagian besar, yaitu JavaScript Inti (Core JavaScript), dan API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh web browser yang dikenal dengan istilah DOM (Document Object Model).
  1. Core JavaScript
  2. Core javascript adalah bagian inti dari javascript. Pada core javascript inilah kita belajar tentang aturan dasar penulisan script javascript, seperti variable, jenis type data, pembuatan array, penulisan struktur IF, cara pembuatan objek, etc. Jadi, bisa dikatakan core javascript membahas tentang bagaimana struktur penulisan syntax javascript.
    Seperti yang telah dijelaskan dipertemuan pertama tentang pengenalan javascript, javascript merupakan bahasa yang mendukung konsep pemrograman berbasis objek (Object Oriented Programming atau OOP), meskipun demikian javascript tidak mengharuskan kita membuat program selalu dengan objek. Kita bisa saja membuat beberapa kode pemrograman seolah-olah tanpa menggunakan objek. For example, pada postingan sebelumnya, mymelody13 menggunakan fungsi alert untuk menampilkan hasil javascript yang dipanggil dengan perintah fungsi biasa "onload"
    <script type="text/javascript"> function message() {alert("Alert dipanggil ketika event onload");} </script> Fungsi alert sebenarnya adalah method dari object window yang seharusnya dipanggil dengan struktur objectnya.
    <script> window.alert('Alert dipanggil ketika event onload'); </script> Santai saja, tidak perlu terburu-buru. Tunggu penjelasan lebih lengkapnya di the next article tentang apa itu object, property, method, event, function, dan sejenisnya.
    Core javascript juga merupakan istilah untuk javascript yang tidak terikat dengan lingkungannya yaitu web browser.. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa javascript bersifat client side yang berarti pengolahan script dilakukan oleh komputer client/pengguna yang berjalan didalam web browser. Namun seiring berjalannya waktu, javascript juga mengalami perkembangan. Saat ini, javascript juga mendukung penggunaannya disisi server dengan menggunakan node.js.
  3. DOM (Document Object Model)
DOM merupakan API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh web browser untuk programmer. API (Application Programming Interface) dibangun pada web browser yang memungkinkan programmer melakukan sesuatu untuk menampilkan hasil output yang diinginkan diwebsite. Dengan demikian, DOM bisa dikatakan sebagai kumpulan aturan atau cara bagi seorang programmer untuk memanipulasi tampilan website. DOM tidak terikat dengan JavaScript, dan sepenuhnya bukan bagian dari JavaScript. Namun DOM diperlukan oleh JavaScript yang akan mengubah tampilan sebuah website secara
dinamis. Dengan kata lain, DOM adalah cara JavaScript
melihat suatu halaman HTML.
For example, Tag atau Element dalam HTML diatur oleh DOM. Dengan demikian, javascript dapat digunakan untuk memanipulasi seluruh tag HTML. Salah-satu contoh DOM adalah function document.getElementById yang berfungsi untuk mencari sebuah tag HTML berdasarkan id. Contoh lain dari DOM adalah function document.getElementByName, document.getElementByClass, document.getElementsByTagName, etc.. Jadi, fitur-fitur seperti inilah yang akan kita pelajari didalam DOM.
Untuk penjelasan lebih lanjut akan di jelaskan dipertemuan-pertemuan berikutntya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Thanks for reading and see you in the next article the 6th steps belajar javascript:.....

0 Response to "The 5th steps belajar javascript: Mengenal Core JavaScript dan DOM (Document Object Model)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel