The 6th steps belajar javascript: istilah umum dasar dan keyword dalam javascript



istilah umum dasar dalam javascript



Hello brother's and sista....
Setelah belajar javascript dari tahap yang pertama sampai ketahap yang kelima ini, tiba saatnya untuk masuk ketahap yang selanjutnya yaitu istilah-istilah umum dasar dalam javascript. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini kita hanya mengetahui tentang pengenalan javascript dasar dan terkadang bingung dengan istilah-istilah didalamnya. Karena itulah, artikel ini ditulis untuk menghilangkan kebingungan tentang istilah-istilah umum dasar dalam javascript.

Mengapa kita baru membahasnya sekarang?
Bukankah kita sudah belajar tentang istilah dasar lain seperti variable dan type data di pertemuan dua dan tiga dalam pelajaran javascript sebelumnya?
Yupz.. Itu benar sekali... Tapi itu hanya sekadar pengenalan dasar dalam javascript yang memang sudah seharusnya diketahui pada saat itu.. Dan pada kesempatan itu, tepatnya pada steps 3rd belajar javascript, kita juga tidak membahas tentang type data object. Semua itu sengaja dilakukan karena dalam mempelajari object dalam javascript diperlukan persiapan yang matang.
Dan saat ini, saya pikir semua persiapan itu telah selesai. Saatnya bagi kita yang sudah sampai ke tahap ini untuk masuk ke tahap yang bisa dikatakan sebagai the real javascript. Mengapa disebut the real javascript? Karena mulai dari sini, kita akan membahas lebih jauh tentang kode-kode javascript, bagaimana membuat program javascript dan cara menerapkannya.

"Kembali ke topik" tanpa panjang lebar, berikut istilah umum dasar dalam javascript yang harus diketahui sebelum melangkah ketahap yang lebih rumit:
  1. OBJECT
  2. Object terdiri dari Property dan Method. Object dalam javascript mengacu kepada window, document, image, form, button, link, table, etc. Sama seperti mendeklarasikan variabel dengan type data primitif, membuat suatu object membutuhkan kata kunci var. Contoh object: var Naruto = {umur: 17, warna: kuning, suara: function() { return "kuchiyose no jutsu"; }};: NOTE: Kita telah membuat sebuah object yang memiliki 2 property, yaitu umur dengan nilai 17 dan warna dengan nilai kuning. Kita juga telah membuat sebuah method suara.
  3. PROPERTY
  4. Property adalah attribute dari sebuah object yang terdiri dari nama property dan value atau nilai. Contoh property: var Naruto = {umur: 17, warna: kuning,}; NOTE: Naruto = nama object Umur dan warna = property 17 dan kuning = value dari property Nilai dari sebuah property dapat berubah dengan menggunakan operator.
  5. METHOD
  6. Method adalah tindakan yang diterapkan pada object sesuai dengan aksi yang dapat dilakukan oleh Si object. Contoh method: document.write("selamat pagi") NOTE: document = nama object write = metode selamat pagi = parameter
  7. EVENT
  8. Event adalah perintah pada javascript yang disebut event handler atau penanganan kejadian. Proses event akan berjalan apabila suatu aksi tertentu dikenakan pada element HTML. Jenis-jenis event seperti onclick, onload, etc. Contoh event: NOTE: onclick = event jika sebuah element HTML diklik what_your_name = function SIAPA = Tombol yang jika diklik akan menampilkan isi dari function
  9. FUNCTION
  10. Function adalah suatu perintah yang dibuat dengan tujuan dapat menggunakan kembali kode yang telah ditulis. Contoh function: function what_your_name(){ return "my name is anonymous"; } NOTE: function = kata kunci (keyword) untuk membuat fungsi what_your_name = nama function () = parameter, bisa diisi bisa kosong return = perintah untuk mengembalikan string {"my name is anonymous";} = isi dari function yang memuat satu atau lebih pernyataan yang akan ditampilkan ketika nama function dipanggil
  11. EXPRESSION
  12. Expression adalah perintah yang terdiri dari variable, operator, dan value atau nilai. Contoh expression: var nilai_saya = "sangat baik"; //ekspresi yang memberikan nilai var nilai_anda = 50+50; //ekspresi yang memanipulasi data dengan menjumlahkan nilai NOTE: var nilai_saya = variable sangat baik = nilai var nilai_anda = variable 50+50 = nilai = adalah sebuah operator
  13. OPERATOR
  14. Operator adalah simbol atau karakter yang digunakan untuk menentukan hasil dari suatu expression. Jenis-jenis operator adalah operator aritmatika, operator pembanding, operator bitwise, etc. For more information, tunggu aja dipostingan-postingan berikutnya.
  15. STATEMENT CONDITIONAL
Statement conditional adalah sebuah pernyataan yang berisi perintah yang berjalan hanya dalam kondisi tertentu untuk menentukan suatu proses. For more information, tunggu postingan-postingan berikutnya.
Ini hanyalah daftar istilah-istilah umum dalam javascript programming language yang berfungsi sebagai pengantar sebelum masuk ke the real javascript.

Semoga bermanfaat and see you in the next article belajar javascript: the 7th steps....

0 Response to "The 6th steps belajar javascript: istilah umum dasar dan keyword dalam javascript"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel