The 4th steps belajar javascript: struktur javascript dan cara menjalankan program javascript didalam HTML



struktur javascript menyisipkan javascript kedalam html



Hello brother's and sista...
Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang the 3rd steps belajar javascript: data type in javascript, tiba saatnya untuk melangkah ketahap berikutnya yaitu the 4th steps belajar javascript: struktur javascript dan cara menyisipkan script javascript kedalam HTML untuk menjalankan program javascript

Javascript programming language bersifat client side yang diintegrasikan kedalam syntax HTML sama halnya CSS. Itu berarti kita hanya butuh text editor apps seperti notepad,etc dan web browser apps untuk menjalankan javascript. Kalau mymelody13 sendiri, mulai dari HTML, CSS sampai saat ini JAVASCRIPT hanya butuh aplikasi xplore symbian OS untuk menulis script. Selain karena mudah digunakan juga lebih simple karena langsung di copas kepostingan blog.
  1. Struktur Javascript
  2. NOTE: Cara kerjanya sama saja dengan parse HTML yang bertujuan untuk menampilkan script langsung pada postingan blog bukan hasil perintah sehingga mudah untuk dijelaskan.
  3. Cara Menyisipkan JavaScript kedalam HTML
Sama halnya dengan CSS, kita hanya perlu memasukkan atau menghubungkan script javascript dengan syntax HTML. Bedanya kalau script CSS dipasang di tag STYLE dalam tag HEAD maupun langsung didalam tag BODY pada HTML (selain script cssdesign.css eksternal) sedangkan script JavaScript dipasang di tag SCRIPT dalam tag HEAD maupun langsung dipasang dalam tag BODY pada HTML (selain script javascript.js eksternal). Untuk lebih jelasnya, berikut cara menyisipkan script javascript kedalam syntax HTML:
  • Script Javascript dalam Tag Head
  • Script ini akan dieksekusi ketika dipanggil kedalam tag body menggunakan nama function atau dipanggil dengan trigger pada event tertentu. "message()"
> Silahkan copas script diatas ke aplikasi text editor sobat dan save dengan namafile.html dan open with browser sobat. Hasilnya:
  • Script Javascript dalam Tag Body

  • Cara ini langsung menempatkan script javascript di tag body. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan script dibawah: Simpan script diatas dengan namafile.html dan open with your browser apps.
  • Script Javascript dalam file eksternal


  • Cara ini digunakan jika ingin menerapkan script javascript yang sama beberapa kali dalam halaman yang berbeda. Cara ini lebih simple karena kita tidak perlu menulis ulang script javascript untuk setiap halaman web.
    Pertama-tama kita buat suatu file yang berisi kode program javascript menggunakan apps text editor. Example:

    document.write("Pesan akan muncul ketika halaman di load");

    Simpan file diatas dengan ekstensi.js misalkan namafile.js. Kemudian upload ke situs hosting.

    Nah setelah itu, copy url tempat namafile.js berada. Misalnya http://filejscriptupload.com/namafile.js.

    And now, kita hanya perlu menghubungkan namafile.js dengan HTML seperti berikut ini:












    Contoh ini menggunakan file eksternal dengan nama namafile.js





    Sebenarnya 3 cara diatas memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menghubungkan antara script javascript dengan syntax html. Kita juga dapat melihat hasilnya dengan menuliskannya dipostingan blog (preview). Intinya kita hanya perlu menggunakan cara yang terbaik untuk kita sendiri. Dan juga, jika diperhatikan dengan saksama cara ini sama saja dengan cara menghubungkan CSS dengan HTML.

    Thanks for reading and see you in the next article....
    Artikel kemarin"

    the 3rd steps belajar javascript: type data dalam
    javascript


    the 2nd steps belajar javascript: variable dalam
    javascript


    the 1st steps belajar javascript: pengenalan dan
    kegunaan javascript


    1 Response to "The 4th steps belajar javascript: struktur javascript dan cara menjalankan program javascript didalam HTML"

    Silahkan tinggalkan jejak!

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel