7 Macam Gitar Yang Populer di Dunia

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sering kita jumpai. Karena memang alat musik ini memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak, mulai dari anak-anak samapai orang tua, dan baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan jika kita melihat tayangan di televisi pun banyak kita jumpai pemain gitar perempuan, hal ini membuktikan jika alat musik ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang terpenting mereka bisa memainkannya.


Alat musik gitar biasanya digunakanan untuk mengiringi lagu yang di nyanyikan oleh seorang vokalis. Namun ada pula yang tanpa menggunakan vokalis, sehingga mereka yang mengunakan gitar memainkan berdasarkan not lagu yang hendak dia nyanyikan menggunakan gitar, jenis seperti.itu.dinamakan musik instrumental.


Mudahnya memainkan gitar jika mereka telah mahir bergitar. Dan biasanya gitar yang kita temui di masyarakat hanya gitar bisa saja. Sedangkan pada dasarnya ada bermacam-macam jenis gitar. Yuk kita cari tahu???
Gitar Elektrik
Gitar Elektrik

1) Gitar Elektrik

Pada dasarnya gitar elektrik sering kita jumpai, namun terkadang kita tidak mengenal namanya. Jenis gitar ini biasa digunakan untuk musik seperti pop, rock, dan jazz. Pada gitar ini terdapat amplifier yang kegunaanya untuk meninggikan dan merendahkan suara gitar.

2) Gitar Archtop

Gitar Archtop
Gitar Archtop

Bagi sebagian orang tentunya masih kebingungan dengan nama gitar archtop, namun bagi para pecinta musik jazz tentunya mereka akan mengetahuinya. Karena jenis gitar ini paling disukai oleh para pemain gitar pada musik jazz. Bahkan di kalangan musik jazz kelas dunia pun kebanyakan mereka mencari gitar Archtop untuk mereka mainkan.

3) Gitar Bass

Gitar Bass
Gitar Bass

Gitar bass ini memiliki ciri khas dibandingkan dengan gitar lainnya yaitu terletak pada senarnya karena jenis gitar ini menggunakanan senar yang tebal sehingga efek suaranya yang rendah dan akan besar kadang sember selain itu leher pada gitar ini lebih panjang. Gitar ini biasa digunakan untuk memainkan musik bergenre pop, reggae, rock dan musik lainnya.

4) Gitar Akustik

Gitar Akustik
Gitar Akustik

Gitar akustik ini, jenis gitar yang sering kita temui, biasanya digunakanan oleh para anak muda yang nongkrong di pinggir jalan. Harga dari gitar Akustik yang relatif murah sehingga banyak para pemuda yang membelinya sehingga gitar ini terbilang paling populer di Indonesia. Gitar akustik bisa digunakan untuk berbagai jenis musik apa pun.

5) Gitar Baja

Gitar Baja
Gitar Baja

Gitar baja merupakan jenis gitar yang terbuat dari baja. Terdengar dari namanya juga sudah pasti jika gitar jenis ini akan terasa berat jika diangkat. Namun di Indonesia gitar ini jarang sekali terlihat, karena gitar ini buatan dari Hawai. Gitar ini biasanya tidak di pakai seperti gitar pada umumnya. Untuk memakai gitar ini memerlukan meja untuk tempat gitar tersebut.

6) Gitar Double Neck

Gitar Double Neck
Gitar Double Neck

Gitar jenis ini jarang sekali digunakan, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memainkannya. Gitar ini digunakan untuk para pengguna gitar yang ingin berganti-ganti not ketika sedang bermain musik.

7) Gitar Resonator

Gitar Resonator
Gitar Resonator

Gitar Resonator ini biasanya digunakan oleh para pemain musik bergenre blues. Dalam gitar ini terdapat semacam resonator kerucut tersembunyi, fungsi dari resonator ini yakni sebagai loudspeaker, sehingga pada gitar ini kita bisa membesarkan suaranya.

0 Response to "7 Macam Gitar Yang Populer di Dunia"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel