Membuat bootable DVD windows 7


Pada saat laptop yang adalah satu-satunya hiburan mengalami mengalami masalah bootMGR is compressed, saya segera mencari solusi untuk segera mengatasi masalah gagal booting tersebut. Sesuai dengan petunjuk dari Master Google, s.pd, bahwa masalah bootMGR is compressed hanya dapat diatasi dengan mengubah boot priority dari hardisk ke bootable flashdisk atau DVD installer bawaan laptop.

Langsung saja, tanpa berpikir panjang berhubung karena flashdisk saya juga sedang error dan memang tidak memiliki DVD installer windows 7, maka saya mencari solusi lain dan ditemukanlah sebuah solusi, yaitu membuat bootable DVD. Segeralah saya menuju ke toko komputer mini dan bertanya : “Ada DVD mbak?” Ada mas. Mau beli 2 mas? Beli satu aja Dibelilah kepingan DVD-R dengan size 4,7 GB seharga 5k.

Pada tahap awal , saya berniat membuat bootable DVD menggunakan Rufus. Ternyata oh ternyata... Rufus tidak mendeteksi CD-DVD yang akan saya gunakan sebagai media bootable windows 7. Setelah bertanya kembali pada Master Google akhirnya ketemu deh cara Burning file tanpa software, yaitu langsung melalui fasilitas windows explorer.

Setelah master windows siap, yaitu file.ISO windows 7 siap, saya langsung terjun ke TKP dengan membawa 1 kepingan DVD-R disertai tekad dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi tanpa mengetahui bahwa kemungkinan gagal membuat bootable DVD itu juga sangat besar dan mungkin saja terjadi.

Mulailah saya membuka CD/DVD Room pada samping kanan laptop, kemudian menutupnya kembali. Selang beberapa detik, kotak dialog pun muncul sebagai respon dari DVD yang telah saya masukkan ke dalam CD/DVD Room laptop dengan 2 pilihan:

1. Like a USB Flash Drive

2. With a CD/DVD Player

Tanpa pikir panjang saya langsung memilih opsi yang pertama, Like a USB Flash Drive yang adalah awal dari kegagalan saya membuat bootable DVD windows 7. Proses burning pun telah selesai.

Setelah berhadapan dengan laptop yang bermasalah tadi, dengan kepercayaan diri yang tinggi dimasukkanlah DVD-R tadi yang sudah di-burning dan menjadikannya sebagai boot priority. Jreng.. jreng.. jeng.. tadaa.... System Operasi Not Found! Hah?? Burung dan bintang-bintang meliputi saya sebagai pertanda kebingungan dan tidak percaya. Kenapa DVD yang telah di-burning tadi dengan file ISO windows 7 tidak dapat digunakan sebagai bootable DVD.

Di keluarkanlah DVD tersebut kembali dan dimasukkan ke dalam laptop tempat burning sebelumnya, dan DVD-nya kok aman-aman aja, file ISO windows 7 yang telah saya burning tadi masih tersegel rapat di dalam DVD.

Pertanyaan pun saya lontarkan ke Master Google dan kali ini saya kembali dengan muka malu dan tertunduk, ternyata 2 pilihan diataslah yang menjadi penyebab utama saya gagal membuat bootable DVD windows 7. Seharusnya saya memilih opsi yang kedua untuk membuat bootable DVD, yaitu With a CD/DVD Player.

Proses burning dengan opsi yang pertama hanya untuk membuat salinan data ke dalam CD/DVD sesuai dengan yang aslinya sedangkan opsi yang kedualah yang saya butuhkan untuk membuat bootable DVD. Failed!!

Setelah kejadian yang pertama, saya sedikit lebih bersabar dan tidak ingin tergesah-gesah. Dengan santai saya membeli DVD-R yang kedua di tempat yang sama dan orang yang sama juga. Kali ini si mbak yang kemarin yang berkata : “Mas kemarin DVD-nya ketinggalan satu.” Iya mbak, begitulah... Si mbak ini tahu aja kalau ternyata saya butuh 2 keping DVD untuk dapat membuat artikel ini.

Meskipun sudah tahu penyebab kegagalan saya membuat bootable DVD windwows 7 kemarin tanpa aplikasi , saya memilih menggunakan metode yang kedua, yaitu burning CCD/DVD menggunakan software untuk meminimalisir resiko .

Cara burning CD/DVD untuk bootable windows 7 menggunakan CDBurnerXP


Sebelum melakukan burning, copy file yang akan di-burning sehingga ketika burning gagal, data atau file tersebut masih memiliki salinan. Hal ini bertujuan untuk memanimalisir resiko hilangnya file karena ketika burning gagal data atau file yang di-burning akan hilang secara otomatis.

1. Siapkan ISO windows 7 dan aplikasi CDBurnerXP. Untuk file ISO Windows 7 silahkan cari di google dan untuk aplikasi bootable CD/DVD. Download CDBurnerXP cdbxp_setup_4.5.8.6795 (6,14 MB).

2. Install aplikasi CDBurnerXP dan buka aplikasi CDBurnerXP



3. Setelah CDBurnerXP terbuka masukkan CD/DVD kosong ke dalam CD/DVD Room

4. Pilih menu Burn ISO Image

5. Klik Browse dan cari file ISO windows 7 di hardisk laptop anda yang telah disiapkan sebelumnya

6. Burn Disc untuk mulai mem-burning file iso img windows 7 ke dalam CD/DVD

7. Tunggu hingga proses selesai

8. CD/DVD yang telah di-burning telah siap digunakan sebagai installer windows 7

Dengan mengikuti tutorial burning DVD untuk bootable di atas maka dapat dijamin bahwa anda telah memiliki DVD installer windows. Dari pengalaman membuat bootable DVD sebenarnya kedua cara bootable di atas work, baik membuat bootable DVD dengan windows explorer maupun membuat bootable DVD dengan CDBurnerXP. Saran dari saya buatlah bootable DVD dengan CDBurnerXP karena lebih mudah digunakan dan tingkat keberhasilannya juga tinggi.

Demikianlah artikel tentang cara membuat DVD bootable windows 7 tanpa aplikasi dan dengan CDBurnerXP. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Membuat bootable DVD windows 7"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel