Cara membuat aplikasi android


Setelah kemarin kita belajar bahasa basic menggunakan tool quick basic, tiba saatnya untuk kita mengimplementasikan bahasa basic tersebut untuk membuat aplikasi mobile android.

Seperti yang kita ketahui bahwa android merupakan sistem operasi populer pada smartphone dengan user terbesar di dunia. Karena alasan tersebut, banyak developer yang berlomba-lomba dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android yang juga merupakan salah satu sistem operasi open source.


Umumnnya, aplikasi android dibangun berdasarkan bahasa JAVA namun tidak menutup kemungkinan untuk dapat membuat aplikasi android dengan bahasa pemrograman lainnya, selain java termasuk menggunakan bahasa BASIC. Suatu aplikasi maupun game android memiliki file mentah yang berekstensi .apk.

Pada tutorial membuat aplikasi.apk untuk android ini, kita akan menggunakan beberapa tools yang dapat membantu kita dalam proses pembangunan aplikasi. Karena kita akan menggunakan bahasa basic sebagai pondasi dasar dalam aplikasi android kita nantinya, maka kita akan menggunakan tools yang sesuai dengan bahasa Basic.

Tool-tools untuk membuat aplikasi menggunakan bahasa basic


1. JDK (Java Development Kit)


Java Development Kit adalah salah satu syarat utama dalam mengembangkan aplikasi android, baik menggunakan bahasa JAVA maupun bahasa Basic. Hal ini karena didalam JDK terdapat 2 komponen penting dalam mengembangkan aplikasi android yaitu:

-Javac.exe berfungsi untuk meng-compile source code atau kode sumber hasil coding programmer.
-Java berfungsi untuk menjalankan atau mengeksekusi program.

2. Emulator android


Emulator android adalah adalah perangkat android versi virtual. Ada berbagai macam jenis emulator android namun fungsi utamanya tetap sama, yaitu memungkinkan laptop atau pc untuk menjalankan aplikasi android layaknya di perangkat/device android asli.

Untuk pilihan emulator android, anda dapat menggunakan tools SDK untuk yang memiliki 2 tools, yaitu:

-Android Virtual Device (AVD) Manager yang berperan dalam membuat emulator android
-SDK Manager komponen-komponen android

3. Basic4Android IDE


Basic4android atau biasa disingkat B4A merupakan tools utama dalam membangun aplikasi android menggunakan bahasa basic. Basic4Android merupakan IDE (integrated development environment) yang sederhana dan sangat powerfull.

Sesuai dengan namanya, Basic4Android hanya berfokus pada pengembangan aplikasi berbasis android. Aplikasi APK yang di-compile oleh Basic4Android merupakan aplikasi native (asli) dan hasilnya sama saja dengan IDE lainnya seperti Eclipsi dan NetBeants yang lebih berfokus pada bahasa pemrograman JAVA.

Kedua tools di atas, digunakan untuk mengkonfigurasi path pada IDE Basic4Android agar dapat digunakan sebagaimana mestinya, yaitu untuk mengcompile hasil coding (javac.exe) dan menjalankan hasil coding menggunakan emulator android (Android Virtual Device Manager dari SDK).

Kelebihan-kelebihan Basic4Android IDE


1. Sebagai IDE yang ringan dan sangat powerfull serta tampilan yang cukup sederhana sehingga memudahkan para programmer pemula dalam membuat aplikasi android.

2. Basic4android termasuk designer GUI untuk aplikasi Android yang powerful dengan dukungan Built-in untuk multiple screens dan orientations, serta tidak dibutuhkan lagi penulisan XML yang rumit.

3. Library (perpustakaan) yang lengkap dan kompleks merupakan salah satu fitur yang sangat memudahkan para developer android dalam membangun aplikasi. Berikut library-library basic4android :

-SQL databases
-GPS
-Serial ports (Bluetooth)
-Camera
-XML parsing
-Web services (HTTP)
-Services (background tasks)
-JSON
-Animations
-Network (TCP and UDP)
-Text To Speech (TTS)
-Voice Recognition
-WebView
-AdMob (ads)
-Charts
-OpenGL
-Graphics, etc.


Anda dapat mendownload library untuk basic4android di internet dan juga meilhat library-nya langsung pada aplikasi basic4android atau melihatnya melalui folder instalasi b4c basic.

4. Menggunakan BASIC programming language dalam membangun aplikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa BASIC merupakan bahasa yang sangat cocok untuk pemula karena memiliki syntax dengan alur logika yang tidak sesulit dengan high-level language lainnya seperti JAVA.

5. Dapat dikoneksikan dengan emulator seperti AVD Manager dari SDK. Emulator android yang di-install di laptop atau pc memungkinkan laptop atau pc tersebut untuk menjalankan aplikasi-aplikasi android layaknya pada real device android.

Basic4Android merupakan alternatif terbaik bagi programmer pemula yang ingin terjun ke dunia android developer tanpa bersentuhan dengan bahasa pemrograman JAVA. Namun penting untuk diingat bahwa untuk menguasai bahasa pemrograman apapun, logika merupakan hal yang sangat fundamental. Dengan logika, seorang programmer dapat merancang aplikasi dan menyelesaikan setiap masalah yang ditemuinya.

Demikianlah artikel cara mudah mengembangkan aplikasi android untuk programmer pemula menggunakan aplikasi Basic4Android. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas tentang cara menginstall Basic4Android IDE versi full dan gratis. Semoga bermanfaat!

2 Responses to "Cara membuat aplikasi android"

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel