Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila


Salah satu mata kuliah wajib yang ada di semua universitas di Indonesia adalah pendidikan pancasila. Mata kuliah ini mengajarkan tentang pentingnya pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pada kesempatan ini, saya hanya akan memberikan rangkuman materi pada mata kuliah pendidikan pancasila khususnya jurusan teknik informatika semester 1.


Rangkuman materi UTS ini bertujuan untuk memberikan poin-poin penting materi pendidikan pancasila pada jurusan teknik informatika.

Rangkuman materi UTS pendidikan pancasila jurusan teknik informatika


1. Sejarah singkat lahirnya Pancasila


-7 September 1944, perdana menteri Jepang, Kuniaki Koiso menjanjikan kemerdekaan kepada RI dengan syarat membantu Jepang dalam memenangkan perang Asia Timur Raya melawan Sekutu.

-29 April 1945, Jepang menjanjikan kemerdekan tanpa syarat kepada bangsa Indonesia yang tertuang dalam maklumat Gunseikan (pembesar tertinggi sipil dari pemerintah militer Jepang di Jawa dan Madura) yang juga memuat dasar pembentukan BPUPKI.

-28 Mei 1945, pelantikan anggota BPUPKI

-29 Mei 1945-1 Juni 1945, sidang pertama BPUPKI dengan agenda perumusan dasar negara yang kemudian ditetapkanlah Pancasila sebagai dasar negara RI.

2. Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila


A. Landasan Pendidikan Pancasila

1. Landasan historis berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia sendiri yang sudah ada mulai dari zaman kerajaan-kerajaan Nusantara.

2. Landasan kultural berkaitan dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

3. Landasan yuridis berkaitan dengan sistem hukum yang berlaku di tengah-tengah masyarakat.

4. Landasan filosofis berkaitan dengan pengetahuan dan penyelidikan secara sistematis menggunakan akal budi.

B. Tujuan Pendidikan Pancasila

Tujuan Pendidikan Pancasila dapat ditinjau dari nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap silanya.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Percaya dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Menjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban. Setiap manusia memiliki derajat yang sama.

3. Persatuan Indonesia

Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan golongan.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan/perwakilan

Musyawarah untuk memcapai kata mufakat yang diliputi rasa kekeluargaan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Bersikap adil dan menghormati hak-hak orang lain.

3. Pancasila sebagai sistem filsafat


Pancasila sebagaj sistem filsafat berarti Pancasila merupakan suatu kesatuan yang utuh dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap sila dalam Pancasila meliputi, mendasari, dan menjiwai sila lainnya sehingga tidak bisa diubah atau dihapuskan karena akan mempengaruhi sila-sila yang lainnya.

4. Pancasila dalam konteks perjuangan bangsa Indonesia


Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada kenyataannya telah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan Nusantara jauh sebelum Indonesia merdeka.

Pada zaman kekuasaan Majapahit, empu Prapanca menulis kitab "Negarakertagama" yang memuat istilah Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu dan empu Tantular menulis kitab "Sutasoma" yang memuat istilah Pancasila yang mengandung 5 larangan.

Dari istilah-istilah yang mengandung makna persatuan tersebutlah, bangsa Indonesia mendasari cara berpikirnya dalam meraih kemerdekaan di kemudian hari.

5. Pancasila sebagai sistem etika politik dan ideologi negara


A. Pancasila sebagai sistem etika politik

Pancasila sebagai sistem etika politik berarti menjadikan Pancasila sebagai sumber etika yang harus selalu diamalkan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap silanya.

Dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan negara, etika berpolitik Pacasila menuntut agar negara dijalankan sesuai dengan legalitas (legitimasi hukum) berdasarkan prinsip moral yang berlaku.

B. Pancasila sebagai ideologi negara

Pancasila sebagai ideologi negara berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan negara yang berarti menjadikan Pancasila sebagai pedoman dasar dan utama pemerintah dalam menetapkan kebijakan-kebijakan pemerintahan.

Untuk lebih memahami tentang materi-materi utama di atas secara lebih kompleks, anda dapat mencari dengan kata-kata kunci sebagai berikut.

1. Sejarah lahirnya pancasila
2. Pancasila dalam konteks perjuangan bangsa Indonesia
3. Landasan dan tujuan pendidikan pancasila
4. Pancasila sebagai sistem filsafat
5. Pancasila sebagai sistem etika politik dan ideologi negara

Demikianlah artikel tentang rangkuman materi UTS mata kuliah pendidikan pancasila jurusan teknik informatika. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila"

  1. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel