Konsentrasi jurusan TI

Baru lulus SMA atau SMK tapi bingung mau pilih jurusan kuliah? Mau kuliah atau sudah terlanjur kuliah di jurusan Teknik Informatika? Bagi kamu yang lulusan SMK RPL/TKJ sudah pasti memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan komputer entah itu jurusan Sistem Informasi, jurusan TI, dan lain-lain. Pada kesempatan ini kita akan berbicara tentang jurusan TI secara khusus konsentrasi di jurusan teknik informatika.

Konsentrasi jurusan Teknik Informatika


Sebelum terlanjur kamu harus tahu beberapa hal tentang kuliah di jurusan Teknik Informatika (TI). Banyak yang mengatakan bahwa jurusan Teknik Informatika itu memiliki prospek kerja yang tinggi. Apakah benar demikian?

Jawabannya relatif! Memang saat ini, jurusan TI dapat masuk diberbagai instansi pemerintah maupun swasta di Indonesia. Eitss.. namun bukan hanya jurusan TI lho yang bisa diterima diberbagai instansi. Banyak orang juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi tanpa harus kuliah. Oleh sebab itu, lulus kuliah tanpa skill itu sama saja dengan membeli ijazah secara langsung.

Kuliah di jurusan TI itu harus punya pertimbangan yang besar, mau jadi apa kalau sudah lulus kuliah? Jangan sampai hanya mengandalkan ijazah S1, diluar sana banyak kok S1 yang menganggur karena tidak memiliki skill. Jadi sebaiknya hindari mindset bahwa di Indonesia lapangan pekerjaan tidak harus sesuai dengan disiplin ilmu yang kita pilih.

Nah, jika kamu berniat kuliah di jurusan TI, kamu harus memilih dimana sebenarnya passion kamu, jangan sampai salah memilih konsentrasi. Sebaiknya kamu mengambil mata kuliah pilihan di semester-semester berikutnya berdasarkan konsentrasi yang kamu minati. Konsentrasi jurusan teknik informatika inilah yang akan menentukan masa depan pekerjaanmu.

Pada umumnya, mata kuliah konsentrasi jurusan TI akan dipilih setelah semester memasuki semester 5. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih konsentrasi TI yang cocok dengan passion.

Berikut beberapa konsentrasi jurusan TI

1. Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak

Konsentrasi RPL berhubungan dengan pemrograman. Dengan demikian, lulusan ini paling tidak bisa membuat sebuah program menggunakan bahasa pemrograman atau istilah kerennya bisa coding. Di dunia kerja programmer kamu tidak harus menguasai semua jenis pemrograman, seperti web programming (membuat web sekaligus desain web), pemrograman kernel untuk pembuatan OS, software engineer (desktop dan mobile), dan lain-lain, tapi kamu bisa menekuni salah-satunya saja. Seperti fokus menjadi programmer android yang sedang naik daun mengingat android begitu populer di era 21 ini.

2. Konsentrasi Jaringan Komputer

Konsentrasi jaringan berhubungan langsung dengan fisik komputer (terutama hardware jaringan). Kamu disarankan sering-sering berhubungan dengan hardware dan jaringannya seperti router, setting webserver, HUB, dan lain-lain. Konsentrasi jaringan sama populernya dengan konsentrasi RPL yang terkadang membuat para mahasiswa dilema dan harus berpikir ekstra dalam menentukan konsentrasi yang cocok dengan dirinya.

3. Konsentrasi Grafis dan Multimedia

Konsentrasi grafis dan multimedia berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam bidang seni dan entertainment. Di sini kamu akan belajar menjadi animator (termasuk film cartoon), designer, editor image/video dan lain-lain. Tools yang kamu gunakan bisa menggunakan software free seperti photoshop, adobe flash, dan coreldraw maupun yang berbayar seperti adobe primier dan lain-lain.

4. Konsentrasi Sistem Informasi Geografis

Di sini kamu akan belajar membuat peta elektronik seperti google maps dan lain sebagainya. Konsentrasi jurusan TI yang satu ini lebih membahas tentang peta dan skala yang meliputi simbol-simbol peta dan sebagian juga ilmu tentang geografis dan bumi.

5. Mata kuliah di luar konsentrasi TI

Nah, namanya juga mata kuliah pilihan, kamu bebas mengambil mata kuliah pilihan dari jurusan lainnya bahkan sekali pun tidak ada hubungannya dengan jurusan TI. Tapi hal ini tentunya memiliki resiko. Ilmu yang kamu dapatkan mungkin saja tidak kamu gunakan di dunia kerja.

Tapi jika kamu memang tertarik untuk membuat inovasi untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, ini bukanlah suatu masalah. Jika kamu memutuskan mengambil jurusan di luar konsentrasi jurusan TI, kamu sebaiknya memiliki rencana yang matang dan kreatif untuk mengembangkan apa yang akan kamu tekuni nantinya.

Masih bingung pilih konsentrasi di jurusan TI? Jika ya, jalani saja dulu sambil searching-searching dan explore your passion dengan berbagai konsentrasi jurusan Teknik Informatika. Niscaya kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi jurusan TI yang kamu pilih.

Pada setiap universitas dan fakultas, mungkin saja menggunakan nama konsentrasi jaringan TI yang berbeda. Namun intinya sama saja, dalam praktik dunia kerja, setiap lulusan TI dengan konsentrasi jaringan memiliki kesamaan dengan lulusan TI konsentrasi jaringan di kampus lainnya, hanya saja setiap lulusan memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Pada semester awal memang sebaiknya kamu mengenal semua konsentrasi di jurusan Teknik Informatika untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Namun jangan terlalu lama, persiapkan semuanya sedini mungkin sehingga kamu benar-benar memiliki skill di konsentrasi jurusan TI yang kamu pilih. Demikianlah artikel tentang konsentrasi di jurusan Teknik Informatika (TI). Semoga bermanfaat!

0 Response to "Konsentrasi jurusan TI"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel