The 15th steps belajar javascript: mengenal konstanta dan method (fungsi) object math dalam javascript
Hello brother's and sista....
Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang konstanta dan method (fungsi) object math.
Untuk operasi angka (number) dan matematika yang lebih kompleks, JavaScript menyediakan objek Math yang terdiri dari berbagai kosntanta dan juga method (fungsi). Method yang tersedia misalnya untuk fungsi pemangkatan, akar kuadrat, logaritma, dan trigonometri.
- KONSTANTA UNTUK OBJECT MATH Untuk menggunakan konstanta objek Math, kita tinggal menulis: Math.nama_ konstanta. Berikut konstanta untuk Objek Math:
- Math.E: Berisi nilai dari logaritma natural e, dengan nilai 2.718281828459045
- Math.LN10 : Berisi nilai dari logaritma natural 10, dengan nilai 2.302585092994046
- Math.LN2 : Berisi nilai dari logaritma natural 2, dengan nilai 0.6931471805599453
- Math.LOG10E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 10, dengan nilai 0.4342944819032518
- Math.LOG2E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 2, dengan nilai 1.4426950408889634
- Math.PI : Berisi nilai dari pi (?) dengan nilai 3.141592653589793
- Math.SQRT1_2: Berisi hasil dari 1 dibagi dengan akar kuadrat 2, dengan nilai 0.707106781186
- Math.SQRT2: Berisi hasil akar kuadrat dari 2, dengan nilai 1.4142135623730951
- FUNGSI UNTUK OBJECT MATH
Belajar JavaScript konstanta object math
Contoh diatas untuk menghitung rumus luas lingkaran dengan menggunakan kosntanta Math.PI.Berikut method yang disediakan oleh objek Math JavaScript:
- Math.abs() Method Math.abs berfungsi untuk menghasilkan nilai absolut (nilai negatif akan menjadi positif, sedangkan nilai positif akan tetap positif). Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka. Berikut adalah contoh pemanggilan fungsi abs():
- Math.acos() Method Math.acos() berfungsi untuk menghitung nilai arccosine. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 sampai dengan 1. Nilai akhir fungsi adalah 0 sampai dengan ? radian.
- Math.asin() Method Math.asin() berfungsi untuk menghitung nilai arcsine. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai antara -1 sampai dengan 1. Nilai akhir fungsi adalah -?/2 sampai dengan ?/2 radian.
- Math.atan() Method Math.atan() berfungsi untuk menghitung nilai arctangent. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen angka dengan nilai apapun. Nilai akhir fungsi adalah - ?/2 sampai dengan ?/2 radian.
- Math.atan2() Method Math.atan2() berfungsi untuk menghitung nilai arctangent dari rasio y/x . Fungsi ini membutuhkan 2 buah argumen untuk nilai y dan x. Nilai hasil fungsi adalah diantara -? dan ? radians.
- Math.ceil() Method Math.ceil() berfungsi untuk pembulatan keatas dari sebuah nilai desimal. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi ceil:
- Math.cos() Method Math.cos() berfungsi untuk menghitung nilai cosinus. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2?/360). Nilai akhir fungsi ini berada antara -1.0 dan 1.0.
- Math.exp() Method Math.exp() digunakan untuk menghitung hasil dari e^x dimana x adalah argumen yang diberikan. e merupakan logaritma natural dengan nilai 2.718.
- Math.floor() Method Math.floor() berfungsi untuk pembulatan kebawah dari sebuah nilai desimal. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi floor:
- Math.log() Method Math.log() berfungsi untuk menghitung nilai logaritma natural, yaitu nilai dari log e x. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen angka.
- Math.max() Method Math.max() berfungsi untuk mencari angka paling besar diantara argumen yang diberikan. Fungsi ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.max():
- Math.min() Method Math.min() berfungsi untuk mencari angka paling kecil diantara argumen yang diberikan. Fungsi ini membutuhkan 1 atau lebih argumen. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.min():
- Math.pow() Method Math.pow() berfungsi untuk untuk mencari hasil pemangkatan. Fungsi ini membutuhkan 2 buah argumen. Argumen pertama adalah angka asal, dan argumen kedua adalah nilai pangkat. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math. pow():
- Math.random() Method Math.random() berfungsi untuk menghasilkan angka acak dalam setiap pemanggilan. Fungsi ini tidak membutuhkan argumen apapun. Nilai akhir berada dalam rentang 0 dan 1. Untuk hasil angka acak 1-100, kita tinggal mengalikan hasil fungsi ini dengan 100. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math.random():
- Math.round() Method Math.round() berfungsi untuk membulatkan nilai angka ke bilangan terdekat. Jika nilai desimal dibawah 0.5 maka akan dibulatkan ke bawah, namun jika nilai desimal bernilai 0.5 atau lebih, akan dibulatkan keatas. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dibulatkan. Berikut adalah hasil pemanggilan fungsi math round::
- Math.sin() Method Math.sin() berfungsi untuk menghitung hasil sinus. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2?/360). Nilai akhir fungsi ini berada antara -1.0 dan 1.0.
- Math.sqrt() Method Math.sqrt() digunakan untuk mencari hasil dari akar kuadrat sebuah angka. Fungsi ini membutuhkan 1 argumen, yaitu angka yang akan dihitung. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi Math. sqrt();
- Math.tan() Method Math.tan() berfungsi untuk menghitung hasil tangen. Fungsi ini membutuhkan 1 buah argumen dalam bentuk sudut dengan nilai radian. Untuk menkonversi derajat menjadi radian, kalikan besar sudut dengan 0.017453293 (2?/360).
Semoga bermanfaat...
Thanks for reading and see you in the next article: the 16th steps belajar javascript....
Thanks to"
0 Response to "The 15th steps belajar javascript: mengenal konstanta dan method (fungsi) object math dalam javascript"
Post a Comment
Silahkan tinggalkan jejak!