Jika tidak suka katakan saja | lifestyle and solution



Terkadang untuk menyenangkan orang lain (orang-orang disekitar kita), kita akan melakukan apa pun. Melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Itu bukanlah suatu masalah., namun dapat menjadi sebuah masalah.

Menjadi masalah ketika kita melakukan hal-hal yang mereka sukai dengan keadaan terpaksa. Ini hanya akan menimbulkan tekanan bagi diri sendiri yang berujung stress.

Kalau sudah seperti ini, muncul suatu pertanyaan.. Siapa yang salah??

Apakah mereka yang memaksa kita melakukan hal-hal yang mereka inginkan?

Tentu saja tidak! Bahkan sekali pun mereka memaksa, bukankah kita dapat menolaknya?? Namun, menolak orang-orang yang ada disekitar kita, terutama mereka yang sudah berjasa dalam hidup kita bukanlah hal yang mudah. Itulah sifat dasar manusia.

Ada 2 alasan UMUM yang membuat kita sulit mengatakan kata "tidak" terhadap orang-orang yang telah berjasa di dalam kehidupan kita. Yang pertama tidak ingin di jauhi dan yang kedua tidak enak.

Namun apa pun alasannya melakukan hal-hal yang tidak kita senangi hanya akan menjadi beban yang seharusnya tidak kita tanggung.

Menyenangkan orang-orang disekitar kita memang hal yang mulia, namun ketika kita melakukannya dengan susah hati akan lebih baik lagi jika tidak dilakukan.

Mengatakan hal-hal yang tidak disukai akan lebih mudah dari pada melakukannya. Karena itu, jika tidak suka, katakan saja, itu lebih baik dari pada melakukan sesuatu yang tidak ingin kita lakukan.

Mulailah dengan apa yang benar, bukan dengan apa yang bisa diterima (Franz Kafka)

3 Responses to "Jika tidak suka katakan saja | lifestyle and solution"

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel