Mengenal 3 Jenis Link dalam HTML

HTML membedakan ketiga jenis link diatas berdasarkan lokasi atau alamat dokumen yang akan diakses. Dengan demikian, perbedaannya hanya terletak pada nilai atribut HREF-nya saja.

1.Link Absolut

Link Absolut adalah link yang akan menunjuk ke halaman dari situs web lain. Penulisan alamatnya pun harus ditulis secara lengkap. Sebagai contoh, jika tema atau isi dari situs web yang kita buat adalah pemrograman HTML, maka kita dapat membuat link ke situs web lain yang memiliki tema yang sama atau relevan. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa memperoleh informasi lebih tentang tema tersebut yang ‘mungkin’ tidak/belum kita bahas pada situs web kita.

Contoh : W3

Pada contoh diatas, tujuan link yang dibuat akan mengarah ke situs web http://www.whhhhhorg/

2. Link Relatif

Link Relatif adalah link yang tujuannya mengarah ke dokumen-dokumen lain yang masih berada di dalam satu situs web yang sama (komputer yang sama). Penulisan alamat tujuannya pun tidak perlu ditulis secara lengkap, cukup nama dokumennya saja, dan nama direktorinya (jika ada).

Perhatikan contoh kode berikut : Kontak Lihat Foto Jeep Wrangler -

Tidak perlu ditulis lengkap seperti berikut : Kontak Lihat Foto Jeep Wrangler -

Kita tidak perlu menulis alamat secara lengkap karena server web akan mencari file kantak.html dan sahara.jpg di computer yang sama. jika halaman utama dari situs web yang akan kita buat adalah index. html, maka file kontak. html harus di tempatkan di dalam direktori yang sama dengan file index.html ; sedangkan sahara.jpg harus berada di dalam direktori images\jeep

3. Link ke Bagian Dokumen tertentu

Link ke Bagian Dokumen tertentu merupakan mengarahkan ke bagian teks atau gambar tertentu yang masih berada dalam satu dokumen yang sama. Link seperti ini biasanya pada halaman web yang memiliki informasi yang panjang atau pada dokumen yang memiliki daftar isi di bagian atasnya. Tujuannya adalah agar para pengunjung tidak perlu melakukan scrolling pada halaman tersebut untuk menuju/kembali tertentu dalam dokumen bersangkutan.

0 Response to "Mengenal 3 Jenis Link dalam HTML"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel