Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit

Pada artikel hari ini, kita akan membahas tentang perbedaan utama dan mendasar tentang sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit.


32-bit dan 64-bit berkaitan erat dengan sistem operasi, terutama sistem operasi windows. Teknologi system 32-bit merupakan teknologi yang digunakan pada windows sebelum kemunculan teknologi system 64-bit pada tahun 2005. Sejak Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows XP profesional x64 edition system 64-bit sudah mulai berkembang dan diminati oleh sebagian besar pasar dunia.


Jadi, apa sebenarnya perbedaan antara windows dengan system operasi 32-bit dan windows 64-bit? Saat akan menginstall system operasi maka hal pertama yang sangat penting adalah menentukan system operasi yang akan digunakan, 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).


Versi windows 32-bit dan 64-bit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menentukan versi windows yang akan diinstall maka kita harus memperhatikan spesifikasi laptop atau pc yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah sistem operasi akan berjalan baik pada laptop atau pc yang digunakan. Spesifikasi laptop tersebut berhubungan dengan hardware yang tertanam pada laptop seperti RAM, Processor, dan sebagainya.

Keunggulan sistem operasi windows 32-bit


1. System operasi windows 32-bit lebih bersahabat dengan laptop atau pc keluaran lama


2. System operasi windows 32-bit support dengan banyak driver dan software keluaran lama


3. Kinerja sistem operasi 32-bit lebih maksimal menggunakan hardware dengan spesifikasi rendah seperti RAM yang kurang dari 4 GB.

Kelemahan sistem operasi windows 32-bit


1. Tidak kompatibel dengan software dan game terbaru yang umumnya ditujukan untuk sistem 64-bit


2. Tidak support dan tidak kompatibel dengan aplikasi 64-bit.


3. Karena spesifikasi hardware yang rendah maka tidak akan berjalan baik jika digunakan untuk gaming, desain grafis, dan tugas-tugas berat lainnya.

Keunggulan sistem operasi windows 64-bit


1. Sistem operasi windows 64-bit banyak digunakan pada laptop keluaran terbaru tujuan gaming dan multimedia.


2. Sistem operasi windows 64-bit kompatibel dengan aplikasi 32-bit maupun 64-bit.


3. Sistem operasi windows 64-bit lebih diutamakan dalam pembuatan software dan game terbaru.


4. Sistem operasi windows 64-bit lebih dikhususkan untuk komputer dengan spesifikasi hardware yang tinggi misalnya RAM di atas 4 GB.

Kelemahan sistem operasi windows 64-bit


1. Dukungan software dan driver yang lebih minim jika dibandingkan windows versi 32-bit.


2. Kinerja sistem 64-bit tidak cocok untuk laptop atau pc yang spesifikasi hardware rendah.


Masih bingung pilih sistem operasi windows 32-bit atau 64-bit??


Jika laptop kamu memiliki spesifikasi yang cukup tinggi seperti RAM 4 GB atau diatasnya maka kamu bisa memilih sistem operasi windows 64-bit. Sebaliknya, jika spesifikasi laptop rendah, kamu sebaiknya memilih system operasi windows 32-bit.


Jika melihat dari kualitas, maka sistem operasi 64-bit merupakan sistem yang ditujukan untuk keperluan gaming, programmer, dan multimedia sedangkan sistem 32-bit yang umumnya berjalan pada komputer dan laptop yang memilki spesifikasi rendah tidak mampu untuk mengerjakan tugas-tugas berat seperti sistem 64-bit.


Namun meskipun demikian, spesifikasi lainnya seperti type VGA, Processor, kapasitas RAM juga sangat berpengaruh dalam menentukan tipe sistem operasi yang digunakan.


Intinya, sistem operasi 64-bit lebih ditujukan untuk tugas-tugas yang berat karena didukung oleh hardware yang berspesifikasi tinggi sedangkan sistem operasi 32-bit hanya cocok untuk tugas-tugas ringan karena memang sesuai dengan spesifikasi laptop atau pc yang rendah.


Meskipun demikian, saya juga pernah menggunakan laptop Acer aspire 4732z dan menginstall windows 7 ultimate 64 bit dan berjalan dengan lancar dan stabil yang spesifikasi hardwarenya lumayan rendah intel pentium processor T4400 (2.2 GHz, 800 MHz FSB) dengan RAM 1 GB dan Hardisk 160 GB.


Demikianlah artikel tentang perbedaan mendasar dan utama sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit. Jangan lupa kunjungi Semoga bermanfaat!

0 Response to "Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel