Cara mengatasi bunyi beep pada laptop saat restart


Beep..beep..beep...




Pernah ngalamin gak, ketika laptop start up/booting entah baru akan aktifin laptop maupun saat restart, tiba-tiba dikagetkan dengan bunyi beep yang lumayan keras?

Kalau kamu pernah ngalamin ataupun sedang menghadapi cobaan ini, tenang aja sob, kita akan coba cara yang terbaik untuk mengatasi bunyi beep pada laptop saat start up.

Saya sendiri sudah beberapa kali menghadapi situasi ini. Pertama saat mengembalikan windows xp ke sistem pabrik dan yang kedua setelah install windows 7 pada laptop yang sama.

Biasanya bunyi beep ini berlangsung cukup lama sebelum masuk ke layar starting windows. Beberapa teman dan situs/blog telah memberikan tutorial cara mendisable-kan bunyi beep ini, namun tetap saja tidak berhasil.

Ada yang menyarankan:

1. Setting di control panel/hardware and sound/change system sound/pada tab sounds/ hilangkan centang play windows start up sound

2. Setting di BIOS

3. Edit pada bagian registry

4. Pasang script di CMD

5. Ganti keyboard + tukang service komputer

Cara 1,2,3, dan 4 sangat ribet dan hasilnya belum tentu sesuai keinginan. Seperti pada tutorial nomor 1 di atas, sudah saya coba namun hasilnya zonk.

Cara yang ke-5 cukup meyakinkan dan masuk akal. Laptop saya juga tombol shift-nya lepas dan saya tempel langsung jadi gak berfungsi lagi.

Namun mengingat beli keyboard + service laptop biayanya lumayan mahal, jadi pikir-pikir dulu sebelum menggunakan cara no. 5 di atas. Di tambah lagi pada kasus saya suara beep saat start up laptop terjadi saat otak-atik sistem operasi windows, jadi cara no. 5 masih 50/50.

Dengan kesabaran dan logika, tanpa sengaja dapat cara ampuh menghentikan bunyi beep saat start up/booting windows.

Cara menghentikan bunyi beep saat booting windows ini cukup menggunakan kombinasi keyboard.

Tekan tombol FN + tombol PANAH BAWAH




NB: tekan dan tahan tombol FN dan tekan tombol PANAH BAWAH secara terus-menerus sampai bunyi beep berhenti dan logo starting windows akan muncul dan proses akan berjalan normal kembali.

Jika kamu perhatikan pada TOMBOL PANAH BAWAH, di sana terdapat icon disable speaker. Karena itulah, kamu dapat memanfaatkan tombol tersebut untuk menghentikan bunyi beep saat proses booting laptol.

Sebenarnya, pada saat saya mengembalikan windows xp ke settingan pabrikan, masalah bunyi beep ini hanya berlangsung beberapa kali karena saya otak-atik sendiri. Yang masalah, saya lupa bagaimana cara menghentikan bunyi beep ini secara permanen. Wkwkwkw...

Fakta lain, setelah saya install windows 7 dan berjalan sukses bunyi beep ini tidak ada sama sekali. Entah kenapa, bunyi beep ini muncul begitu saja. Kemungkinan ada settingan yang tidak sengaja saya atur sehingga bunyi beep ini kembali lagi. Pada hardware, sistem operasi, saya pun tidak tahu.

Tunggu update selanjutnya jika saya sudah bisa mengatasi bunyi beep saat booting pada sistem operasi windows 7 ini secara permanen. Terima kasih.

0 Response to "

Cara mengatasi bunyi beep pada laptop saat restart

"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel