Rute Perjalanan dari Luwu Utara ke Morowali | my trip

perjalanan ke Morowali, Sulawesi Tengah

Malam sebelum berangkat aku dan my brother Risky telah mempersiapkan segala perlengkapan, baik dalam perjalanan (kendaraan motor) maupun saat tiba di Morowali nanti.

Rute Perjalanan
Kami akan melalui rute yang belum pernah kami lalui sebelumnya, yaitu dari Luwu Utara-Luwu Timur (Nuha)-Morowali Utara-Morowali.

1. Kabupaten Luwu Utara
Kecamatan Baebunta
Sebelum berangkat, kami berdoa terlebih dahulu, meminta pertolongan kepada Tuhan. Perjalanan di mulai dari Kecamatan Baebunta tepatnya di desa Mukti Tama pada pukul 05.30 pagi (29 Mei 2017).. My brother Ripai dan Ayah mengantar kami keluar dari desa Mukti Tama (we are come from here, Mukti Tama is my little village).

Kecamatan Masamba
Setelah beberapa menit dari Baebunta kami sampai di ibu kota Luwu Utara, Masamba.

Kecamatan Mappedeceng
Kecamatan Sukamaju
Kami memutuskan untuk istirahat sejenak di salah-satu warung di Sukamaju, menunggu hujan reda.
Kecamatan Bone-bone
Kecamatan Tana Lili
Batas Kabupaten Luwu Utara dengan Kabupaten Luwu Timur.
2. Kabupaten Luwu Timur

Kecamatan Burau

Kecamatan Wotu
Dari Tarengge, ada dua rute menuju Sulawesi Tengah, yang pertama ke arah Mangkutana dan yang kedua ke Malili (Morowali Utara). Kami mengambil rute yang kedua sesuai rencana awal dengan alasan lebih dekat.

Kecamatan Angkona

Kecamatan Malili
Setelah menempuh perjalanan beberapa jam, kami pun tiba di ibu kota Luwu Timur, Malili. Dari sini kami melewati jalan sepanjang Malili-Soroako. Setelah sampai di jalan bercabang di Batas Kecamatan Towuti, karena tidak tahu, jalan yang harus di tempuh, kami pun memutuskan untuk istirahat.

Setelah beberapa menit, my brother Risky bertanya kepada seseorang yang kebetulan lewat: "Pak. di mana jalan ke penyebrangan Nuha?" Meskipun ragu, sang bapak pun dengan senang hati menunjukan jalan, "Ikuti kha saja, nanti saya tunjukkan" ujarnya.



Dari sini...

Kami mengikutinya ke Kecamatan Towuti. Kami melalui desa Wawondula dan desa Timampu. Setelah sampai di rumahnya Ia pun memberikan petunjuk menuju penyebrangan. Hanya beberapa menit, kami pun menemukan penyebrangan sesuai dengan petunjuk sang bapak tadi.

Namun, itu bukan penyebrangan ke Nuha. Danau Towuti?? Mungkin, saya juga tidak tahu. Meskipun informasi dari warga setempat, penyebrangan tersebut merupakan jalan kompas menuju Morowali, kami memutuskan untuk kembali dan mencari penyebrangan ke Nuha sesuai dengan rute awal.

Kami meninggalkan kecamatan Towuti dan kembali ke jalan bercabang sebelumnya, dan mengambil jalan yang satu lagi.



Kembali lagi... Anggap aja jalan-jalan...

Kecamatan Wasuponda
Jalan yang membawa kami ke Kecamatan Wasuponda

Kecamatan Nuha
Akhirnya kami tiba di Soroako dan langsung menuju penyebrangan ke Nuha melintasi danau Matano, menggunakan Raft (kapal penyebrangan) selama ±. 30 menit.



Setelah sampai di desa Nuha, kami melanjutkan perjalanan yang cukup jauh hingga sampai ke perbatasan Provinsi Sulawesi Selatan (Kabupaten Luwu Timur) dengan Provinsi Sulawesi Tengah (Kabupaten Morowali Utara).



3. Kabupaten Morowali Utara
Kecamatan Lembo
Setelah memasuki Morowali Utara, perjalanan di lanjutkan hingga Beteleme. Di kiri dan kanan jalan hanya ada perkebunan warga yang ditumbuhi pohon karet.



Setelah kami menempuh perjalanan jauh tanpa pemukiman penduduk, akhirnya kami memasuki kawasan pedesaan.
Dari kawasan pedesaan yang cukup jauh ini, kami sampai di jalan bercabang, yaitu Jalan Trans Sulawesi. Dari sini, kami mengambil arah kanan. Jika dari awal perjalanan dimulai dari Mangkutana, Luwu Timur maka Anda akan datang dari arah kiri, Tomata.

Kecamatan Petasia Timur

4. Kabupaten Morowali
Kecamatan Wita Ponda
Kecamatan Bumi Raya
Kecamatan Bungku Barat
Kecamatan Bungku Tengah
Kecamatan Bahodopi
Meskipun agak telat, dengan alasan hujan dan tersesat ke Kecamatan Towuti, puji Tuhan, akhirnya kami tiba pukul 06.30 malam di Kecamatan Bahodopi, Morowali. Thanks Jesus...

See you in the next trip, bye-bye....

#JesusBless

0 Response to "Rute Perjalanan dari Luwu Utara ke Morowali | my trip"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel