Yang terpenting dari suatu masalah | penyebab dan cara menyelesaikannya



Masalah adalah hal yang harus diselesaikan. Itu merupakan hal yang mutlak.



Seringkali ketika kita menghadapi masalah, kita tidak tahu harus berbuat apa. Karena itu, satu-satunya jalan yang terlintas dibenak kita pada saat itu adalah lari dari masalah. Namun, itu bukanlah suatu solusi yang tepat.

Lari dari masalah hanya akan menumpuk masalah. Kita tidak akan pernah bisa lari dari kenyataan yang sedang dihadapi. Karena itu, menghadapi masalah adalah suatu keputusan yang sangat tepat.

Back to main Topic"

Seseorang yang sudah terbiasa menghadapi masalah, menganggap masalah sebagai sebuah ujian yang dapat meningkatkan kemampuan. Mereka memandang masalah sebagai hal yang biasa terjadi, yang kadang-kadang harus muncul, entah disengaja maupun tidak. Meskipun begitu, menciptakan masalah dengan sengaja hanya akan merusak reputasi seseorang.

The problem will always come and will son pass!... (WAYS)

Sebagai seseorang yang akan menghadapi masalah, kita harus mengetahui cara menghadapi masalah, bukan hanya menghadapi, tapi juga menyelesaikannya, asal jangan lari dari masalah.. Hhe..hhee...

Berikut hal-hal yang perlu diketahui untuk menyelesaikan suatu masalah:

Problem

Hal pertama yang harus diketahui adalah masalah apa yang sedang dihadapi. Dengan mengetahui masalah yang sedang dihadapi, setidaknya kita akan termotivasi untuk mencari solusi untuk memecahkannya.

Cause

Cause atau penyebab suatu masalah yang melatarbelakangi terjadinya masalah tersebut. Kita harus bisa menganalisa penyebab terjadinya suatu masalah.

Bagaimana menyelesaikannya

Setelah mengetahui kedua hal diatas, yakni problem and cause, saatnya untuk menyelesaikannya.
Bagaimana menyelesaikannya?? Itulah yang menjadi tujuan utama kita.

Jika anda bermaksud mencari jawaban untuk masalah yang sedang anda hadapi, saya juga tidak memilikinya.


Menyelesaikan masalah bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti hal itu tidak mungkin (impossible).

Salah-satu yang menjadi kesalahan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah adalah terlalu fokus pada SIAPA yang harus bertanggung jawab untuk masalah yang terjadi. Terkadang kita lebih senang menyalahkan orang lain dan menanggungkan beban terhadap mereka yang dianggap bersalah.


Kita melupakan suatu hal yang paling penting bahkan yang sangat penting dari suatu masalah adalah cara menyelesaikannya (way of finish).

Saya hanya akan memberikan sedikit saran yang mungkin dapat kita gunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Berpikirlah dengan TENANG dan don't forget it:

The problem will always come and will son pass!... (WAYS)

Mengetahui SIAPA yang bersalah, hanya berguna didalam persidangan dan itu mutlak. Namun untuk masalah hidup sehari-hari terlalu FOKUS terhadap SIAPA yang harus bertanggung jawab tidaklah penting. Itu hanya akan menimbulkan masalah baru, yaitu perselisihan.

The most important way of finish!

Kita tidak bisa memecahkan masalah dengan menggunakan cara berpikir yang sama ketika kita menciptakannya (Albert Einstein)

Thanks and see you....

0 Response to "Yang terpenting dari suatu masalah | penyebab dan cara menyelesaikannya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel