10 keunikan budaya Toraja



Toraja adalah salah satu dari beberapa objek wisata terkenal di indonesia, tepatnya indonesia bagian timur. Toraja terletak di sulawesi selatan, 350 km dari ibukota makassar. Selain pemandangan alam toraja yang menakjubkan, toraja juga terkenal dengan budayanya yang sangat unik.

Berikut 10 hal-hal unik yang mungkin hanya bisa ditemukan di toraja:

1. RAMBU SOLO'


Rambu Solo' adalah upacara pemakaman toraja yang bertujuan untuk menghormati leluhurnya. Upacara Rambu Solo' membutuhkan biaya yang sangat banyak dan persiapannya pun menghabiskan waktu yang lama.

For more information about Rambu Solo' gocelebes

2. RAMBU TUKA'

Rambu Tuka adalah acara yang menghadirkan semua rumpun keluarga yang membuat ikatan kekeluargaan di Tana Toraja sangat kuat. Acara ini bisa berupa peresmian rumah adat/tongkonan yang baru atau yang selesai direnovasi, syukuran panen, dan sebagainya.

For more information about Rambu Tuka' :naturaljournalistaadventure

3. MA'PASILAGA TEDONG


Ma' Pasilaga Tedong/Tedong Silaga adalah Adu Kerbau sebuah tradisi di Toraja sejak dari nenek moyang yang tetap dilestarikan sebagai salah satu bagian dari rambu solo.

For more information about tedong silaga: travelingyuk

4. MA' TINGGORO TEDONG

MA' TINGGORO TEDONG atau cara menyembelih kerbau dengan parang yang sangat luar biasa karena hanya dengan satu kali tebas dapat membunuh seekor kerbau.

For more information about tinggoro tedong: zholata

5. TONGKONAN


Tongkonan adalah rumah tradisional masyarakat Toraja yang merupakan pusat kehidupan sosial suku toraja.

For more information about Tongkonan: wikipedia

6. MA' NENE'


MA' Nene' pada zaman dulu adalah mayat yang dapat berjalan. Namun saat ini, MA' Nene' adalah upacara mengganti pakaian dan mendandani jenazah yang telah bertahun-tahun disemayamkan..

For more information about ma' nene': tribunnews

7. SISEMBA'


Sisemba' adalah satu atraksi budaya Toraja yang mrirp dengan tawuran yang hanya menggunakan kekuatan kaki. Acara sisemba diadakan setelah panen sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen.

For more information about sisemba:matarama

8. KOPI TORAJA

Jepang kini menjadi pengimpor kopi terbesar di toraja. Kopi toraja memang memiliki rasa yang unik yang harus dicoba saat berkunjung ke toraja.

For more information about kopi Toraja:torajaparadise


9. TENUN TORAJA

Kain Tenun Toraja merupakan salah satu warisan leluhur yang masih di jaga kelestariannya sampai saat ini. Kain tenun Toraja memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam budaya masyarakat Toraja . Kain tenun memegang peranan penting dalam berbagai upacara adat, juga berfungsi sebagai simbol kemakmuran dan kejayaan. Di masa lampau hanya orang-orang tertentu saja yang mampu memiliki kain-kain tersebut misalnya kaum bangsawan atau masyarakat ekonomi mampu.

For more information about tenun Toraja:lifestyle.kompas

10. KUBURAN


Kuburan merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik di toraja. Banyak sekali kuburan unik di toraja seperti kuburan gantung, kuburan batu/liang, dan yang paling terkenal kuburan goa di Londa dan Kete Kesu.

For more information about kuburan unik Toraja:portalsolata

Semoga article ini bermanfaat dan dapat meningkatkan ketertarikan kita untuk mengunjungi Tana Toraja.

Thanks for reading and see you.. Bye-bye...

Article By Lara 4 younger, Mukti Tama

0 Response to "

10 keunikan budaya Toraja

"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel