Tutorial Menjadi Web Developer

Programmer Web atau web developer adalah seseorang yang mampu mendesain, membuat, dan mengembangkan program berupa web atau aplikasi yang berbasis internet. Bagaimana menjadi seorang web developer? Apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu?

Berikut langkah-langkah yang yang harus dilakukan untuk menjadi seorang web developer:
  1. HTML(hyper text markup language)
  2. adalah sebuah script yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. HTML bukanlah bahasa pemrograman melainkah bahasa markup.
  3. CSS(cascading style sheet)
  4. adalah script yang digunakan untuk mendesain tampilan web seperti warna background, font color/type/size,etc.
  5. PHP dan Javascript
  6. Javascript berfungsi untuk membuat efek yang tidak bisa dibuat oleh CSS, membuat tampilan website menjadi lebih interaktif, menampilkan efek animasi seperti flash,etc. Javascript berjalan di sisi client, artinya cukup dengan modal browser saja ini sudah bisa dijalankan. PHP merupakan bahasa pemrograman pada web yang berjalan di sisi server. PHP digunakan untuk membuat program di dalam suatu web. Aplikasi berbasis web banyak dibuat menggunakan bahasa ini yang dihubungkan dengan Database seperti MySQL.
  7. Database
  8. adalah kumpulan data-data atau informasi untuk mendukung proses-proses di dalam website. Misalnya saat mendaftar suatu layanan web hosting kita akan memasukkan data-data yang akan tersimpan dalam database. Awali dengan mempelajari MySQL(tool bahasa SQL/bahasa scripting database yang digunakan untuk mengelolah database).

Mulai dengan tahap pertama belajar HTML dan jangan berpindah tahap sebelum mengerti dengan baik. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar web developer. Thanks and see you next time..

0 Response to "Tutorial Menjadi Web Developer"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel