Belajar CSS Dasar dan Struktur CSS

Setelah tahap pertama mengenal tentang dasar-dasar HTML, tiba saatnya untuk melangkah ketahap yang kedua yaitu dasar CSS.

  1. Pengenalan CSS

    CSS (Cascading Style Sheets) adalah script (bahasa style sheet) yang digunakan untuk mendesain style dokumen markup salah-satunya yang telah kita pelajari yaitu HTML markup language. Bisa dikatakan CSS sebagai pelengkap HTML. Jadi, secara singkat CSS berfungsi untuk mempercantik tampilan suatu website (styles) serta memungkinkan hasil output (tampilan) halaman yang sama dengan format berbeda..

    Jika dibandingkan hanya dengan HTML, menggunakan CSS untuk membuat design akan lebih mudah dan prosesnya pun lebih cepat serta script menjadi lebih simple. Lebih simple karena jika menggunakan CSS kita tidak perlu lagi menulis ulang attribute HTML cukup menulis tag atau selector yang telah diberi decration sebelumnya (singkatnya CSS meminimalkan tag HTML). Tapi bukan berarti syntax CSS dapat menggantikan syntax HTML. .Kombinasi dari HTML dan CSS akan membuat tampilan website menjadi lebih menarik.

  2. Struktur CSS
    modulmakalah.blogspot.com

    CSS terdiri atas 2 komponen utama:
    • Selector
    • Selector merupakan rule yang akan dibuat stylenya. Setiap selector dapat memiliki lebih dari satu property dengan nilai setiap propertynya berbeda tergantung property tersebut. Untuk dapat menampilkan design CSS maka pada tag HTML kita dapat memanggil selector dengan menggunakan:.
      • element HTML
      • CSS dipanggil dengan membuat Tag HTML didalam tag body berdasarkan Nama Selector didalam tag head dan tag style pada dokumen HTML. <html> <head> <title>Kuchiyose CSS</title> <style> h1 {color:red;} p {color:green;} </style> </head> <body> <h1>kuchiyose CSS H1</h1> <p>kuchiyose CSS P</p> </body> </html> Hasilnya Kuchiyose CSS

        kuchiyose CSS H1

        kuchiyose CSS P
      • selector class
      • Didefinisikan dengan tanda titik "." digunakan dalam mendesign style dalam beberapa element (group element HTML) dengan class yang sama. <html> <head> <title>Kuchiyose CSS</title> <style> .center {text-align:center;color:orange;} .melody {color:green;background:black;} </style> </head> <body> <h1>kuchiyose CSS H1</h1> <p>kuchiyose CSS P</p> <h2 class="center">kuchiyose CSS H2</h2> <p class="center">kuchiyose CSS P</p> <h3 class="melody">kuchiyose CSS H3</h3> <p class="melody">kuchiyose CSS P</p> </body> </html> Hasilnya Kuchiyose CSS

        kuchiyose CSS H1

        kuchiyose CSS P

        kuchiyose CSS H2

        kuchiyose CSS P

        kuchiyose CSS H3

        kuchiyose CSS P
        .melody dan .center merupakan nama class. Jadi terserah dapat diganti dengan .nama apa aja yang intinya mudah diingat sehingga dalam menulis tag nantinya tidak perlu bolak-balik untuk melihat property:value.
      • selector id
      Didefinisikan dengan tanda "#" digunakan untuk menentukan style tunggal yang unik. Secara teori ID merupakan identitas yang artinya tidak boleh ganda. Namun pada kenyataannya selector id pada css tetap bisa digunakan berulang-ulang dalam tag HTML yang sama maupaun berbeda. <html> <head> <title>HTML Kuchiyose</title> <style> #melody {color:green;} </style> </head> <body> <h1 id="melody">Kuchiyose 1</h1> <h1 id="melody">Kuchiyose 2</h1> <p id="melody">Kuchiyose 3</p> </body> </html> Hasilnya HTML Kuchiyose

      Kuchiyose 1

      Kuchiyose 2

      Kuchiyose 3
      #melody merupakan nama id jadi dapat diganti dengan #nama apa aja
    • Declaration
    Declaration terdiri dari 2 komponen, yaitu property (sama dengan cara kerja attribute pada script HTML) untuk mendesain selector dan value yang merupakan nilai dari property. Pemberian nilai pada property menggunakan tanda titik dua ( : ) dan setiap property diakhiri dengan tanda titik koma ( ; )

Demikianlah artikel tentang Basic CSS dan Strucktur CSS semoga bermanfaat. thanks for reading and see you...
The next article is about CSS writing method....

4 Responses to "Belajar CSS Dasar dan Struktur CSS"

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel