Persiapkan 3 Hal ini untuk meraih mimpimu!


Menurut KBBI TARGET adalah sasaran (batas ketentuan dsb) yang telah ditetapkan untuk dicapai.. Dengan demikian, target dapat diartikan sebagai sasaran atau tujuan yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. Namun untuk mencapai target atau goal tidaklah mudah. Kita harus memiliki strategi untuk dapat melewati setiap proses yang tentunya tidak singkat dan bersiap menghadapi berbagai macam tantangan (challenge).

Berbicara tentang strategi, hari ini kita tidak akan membahas tentang strategi untuk mencapai suatu target. Namun lebih kepada hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan karena menurut saya, setiap orang memiliki cara atau strategi sendiri untuk mencapai suatu goal.

Berikut hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai target:
  1. Kesempatan
  2. Kesempatan adalah suatu peluang yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai suatu tujuan. Kesempatan tidak akan datang dengan sendirinya. Jadi, jangan pernah berpikir untuk diam dan hanya menunggu sampai kesempatan benar-benar datang. Berusahalah menciptakan suatu peluang. For example dalam pertandingan sepak bola untuk dapat memenangkan suatu pertandingan kita harus menyusun strategi sehingga tercipta peluang. Menciptakan peluang karena sangat jarang tim lawan membuat kesalahan (blunder). Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan karena "kesempatan tidak datang dua kali".
  3. Pengorbanan
  4. Setelah tercipta peluang atau kesempatan kita membutuhkan pengorbanan. Namun terkadang kita takut dan tidak berani mengambil keputusan (decision). Kita memikirkan risiko dari pengorbanan tersebut (untung atau rugi). Tapi sekali lagi untuk mencapai suatu tujuan dibutuhkan pengorbanan. Pengorbanan adalah harga yang harus dibayar untuk mencapai suatu tujuan. pengorbanan dapat berupa materi, waktu, pikiran,etc. Therefore, kita harus mempertimbangkan matang-matang sebelum membayar harga sehingga tidak menyia-nyiakan pengorbanan yang telah kita lakukan dan berhenti sebelum mencapai goal. "Untuk mencapai tujuan yang besar di perlukan pengorbanan yang tidak murah tapi bukan berarti mahal."
  5. Kesabaran/patience
  6. Setelah pengorbanan yang besar bukan berarti target kita langsung tercapai. Semua butuh waktu dan proses. Hargai proses yang terjadi karena itulah yang menjadi pemanis saat kita mencapai goal. Kesabaran bisa jadi hal utama yang menentukan target success or failed. Kesabaran membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati dalam memulai langkah demi langkah, berjalan perlahan-lahan dengan kepastian seperti lirik lagu "perlahan tapi pasti". "seribu langkah selalu diawali dengan satu langkah, begitupun hal besar selalu berasal dari hal kecil. Seorang profesional berawal dari seorang amatir"
  7. Success or Failed

Pada akhirnya, semuanya kembali kepada Sang Pencipta yang adalah pemilik segala yang ada.
  • success
  • Ketika sukses kita patut bersyukur dan tetap rendah hati. Tidak ada yang perlu disombongkan karena hari esok tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi. "Kunci target, lanjutkan perjalanan dan selesaikan lebih banyak misi yang sudah menanti"
  • failed
Kegagalan mungkin saja terjadi karena hal-hal berikut ini:
  • Strategi untuk menciptakan kesempatan
  • Strategi yang digunakan mungkin belum tepat atau pun tidak memanfaatkan kesempatan dengan baik tetapi sebaliknya melepaskan kesempatan. "Kesempatan sama seperti emas (gold) yang sangat berharga".
  • Pengorbanan belum maksimal
  • Terkadang kita berpikir telah mengorbankan semuanya... Namun pada kenyataannya... Itu bukan apa-apa.. Kita harus membayar lebih dari itu semua..
  • Kesabaran yang masih kurang
  • "Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda". Ungkapan itu menandakan waktunya belum tepat. Jadi, sabar saja sampai saat itu tiba dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Sama seperti Sniper kita harus mengunci sasaran (target) sebelum melepaskan tembakan. Thanks for reading and see you..

Baca Juga" cara terbaik mencari ide menulis

0 Response to "Persiapkan 3 Hal ini untuk meraih mimpimu!"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel